ASSALAMUALAIKUM...SELAMAT DATANG DI BLOG PROPOSAL USAHA...SILAHKAN NIKMATI LAYANAN KAMI BERBAGAI MACAM PROPOSAL USAHA DAN INFO BISNIS..."JADIKAN HIDUP KITA LEBIH BERMAKNA DENGAN BERBAGI"...SEMOGA BERMANFAAT. :)

Memulih Bisnis Tanpa Modal

Senin, 29 November 2010

Mungkinkah memulai bisnis tanpa modal? Mungkin saja! Anda hanya perlu rahasianya. Sudah banyak orang sukses berbisnis tanpa modal berupa cash money yang besar. Sebut saja Purdi E. Chandra dengan jaringan Primagamanya. Purdi hanya mengandalkan kemampuan melobinya, sekaligus kecerdikan untuk memulai usaha. Anda pun bisa melakukannya!

Rahasia #1: Lakukan bisnis jasa

Saat mencari ide usaha, Anda dapat memilih: menjual barang atau jasa. Menjual barang memerlukan banyak modal. Anda perlu membeli barang lebih dulu dan kemudian dijual kembali. Contohnya pada bisnis ritel, membuat toko kelontong, grosiran sembako. Atau memproduksi barang dulu baru lalu menjualnya, seperti usaha roti, konveksi garmen. Belum lagi kalau barang tidak laku. Berapa modal yang tak kembali? Berbeda dengan bisnis jasa. Anda benar-benar bisa memulai dari modal dengkul. Bisnis ini tidak membuat Anda mengeluarkan banyak biaya! Contohnya Purdi, dengan memulai bisnis bimbingan belajar. Bermula dari 2 siswa dan menempati salah satu ruang rumah kontrakannya, siapa mengira kalau bisnis ini bisa berkembang menggurita.

Rahasia #2: Hemat Biaya

Anda tidak ingin menghabiskan banyak uang, bukan? Karena itu, jaga agar pengeluaran Anda sedikit. Cara terbaik untuk menjaga overhead tetap rendah adalah memulai bisnis dari rumah. Anda bisa menghemat biaya untuk sewa kantor, membayar resepsionis, membayar pajak, izin usaha, dan lain-lain. Jangan berasumsi kalau bisnis rumahan hanya kacangan. Banyak bisnis raksasa dimulai dari rumah: Amazon.com, Microsoft, Xeroc, The Body Shop, Martha Tilaar.

Rahasia #3: Jangan masukkan semua telur dalam satu keranjang

Anda mungkin sudah bekerja sebagai karyawan, saat memutuskan untuk berwirausaha. Mundur dari pekerjaan saat mengawali usaha dari nol mungkin kurang bijaksana. Anda kehilangan sumber penghasilan, sementara usaha Anda belum memberikan hasil yang nyata. Karena itu, pertahankan pekerjaan sembari Anda memulai usaha, Mulailah bisnis paruh waktu. Bila kemudian usaha Anda tampak berkembang, Anda boleh melepaskan pekerjaan sebagai karyawan.

Rahasia #4: Lihat kebutuhan pasar

Anda harus menawarkan jasa yang dibutuhkan oleh banyak orang, cari sesuatu yang orang lain banyak membutuhkan, dengan demikian, lakukan riset pasar. Saat ini ada banyak usaha jasa yang bisa dilakukan. Anda suka menulis? Buka jasa penulisan entah biografi, web content, ghostwriter, company profile, dan sebagainya. Suka menggambar dan desain? Bikin jasa desain iklan, website, cover buku, atau ilustrator. Bahkan suka omong pun bisa dijadikan ladang usaha. Jadi presenter, misalnya. Yang jelas, pastikan ada konsumen yang membutuhkan jasa Anda.

Anda telah mengetahui rahasianya. Jika Anda melakukannya, peluang sukses Anda akan jauh lebih besar. Selamat berusaha!

Sumber tulisan ini dari Dessy Danarti beliau adalah penulis buku "Dari Hobi menjadi Hoki" (Penerbit Andi, 2005) dari pengusahamuslim.com
Semoga bermanfaat.

Belajar Sukses Bisnis Ala Abdurrahman bin Auf Sahabat Rasulullah

Minggu, 28 November 2010

Belajar Sukses Bisnis Ala Abdurrahman bin Auf - Selain dari diri Rasulullah SAW yang terdapat contoh yang sempurna, kita juga bisa belajar dari sahabat-sahabat Beliau dalam membangun kemakmuran Islam yang kita cita-citakan ini.Salah satu sahabat beliau yang patut kita contoh adalah Abdurrahman bin Auf yang kesuksesannya dalam berbisnis bisa menjadi tauladan bagi seluruh pengusaha muslim saat ini. Dalam hal urusan akhiratpun banyak yang bisa dicontoh dari Abdurrahman ini karena beliau termasuk salah satu dari 10 sahabat yang dijamin masuk surga.

Berikut disarikan prestasi-prestasi Abdurrrahman bin Auf:

Abdurrahman bin Auf termasuk sahabat yang masuk Islam sangat awal, tercatat beliau orang ke-8 yang bersahadah 2 hari setelah Abu Bakar.Beliau termasuk salah satu dari 6 orang yang ditunjuk oleh Umar bin Khattab untuk memilih khalifah sesudahnya.Beliau seorang mufti yang dipercaya oleh Rasulullah SAW untuk berfatwa di Madinah padahal Rasulullah SAW masih hidup.Beliau terlibat dalam perang Badar bersama Rasulullah SAW dan menewaskan musush-musuh Allah. Beliau juga terlibat dalam perang Uhud dan bahkan termasuk yang bertahan di sisi Rasulullah SAW ketika tentara kaum muslimin banyak yang meninggalkan medan peperangan. Dari peperangan ini ada 9 luka parah di tubuhnya dan 20 luka kecil yang diantaranya ada yang sedalam anak jari.

Perang ini juga menyebabkan luka di kakinya sehingga Abdurahman bin Auf harus berjalan dengan pincang, dan juga merontokkan sebagian giginya sehingga beliau berbicara dengan cadel.Suatu saat ketika Rasullullah SAW berpidato menyemangati kaum muslimin untuk berinfaq di jalan Allah, Abdurrahman bin Auf menyumbang separuh hartanya yang senilai 2000 Dinar atau sekitar Rp 2.8 Milyar nilai uang saat ini (saat itu beliau ‘belum kaya’ dan hartanya baru 4000 Dinar atau Rp 5.6 Milyar).

Atas shadaqah ini beliau didoakan khusus oleh Rasulullah SAW yang berbunyi “Semoga Allah melimpahkan berkahNya kepadamu, terhadap harta yang kamu berikan. Dan Semoga Allah memberkati juga harta yang kamu tinggalkan untuk keluarga kamu.” Do’a ini kemudian benar-benar terbukti dengan kesuksesan demi kesuksesan Abdurrahman bin Auf berikutnya.Ketika Rasullullah SAW membutuhkan dana untuk perang Tabuk yang mahal dan sulit karena medannya jauh, ditambah situasi Madinah yang lagi dilanda musim panas. Abdurrahman bin Auf memeloporinya dengan menyumbang 200 uqiyah emas sampai-sampai Umar bin Khattab berbisik kepada Rasulullah SAW “Sepertinya Abdurrahman berdosa sama keluarganya karena tidak meninggali uang belanja sedikitpun untuk keluarganya”. Mendengar ini, Rasulullah SAW bertanya pada Abdurrahman bin Auf, “Apakah kamu meninggalkan uang belanja untuk istrimu?”, “Ya!” Jawab Abdurrahman, “Mereka saya tinggali lebih banyak dan lebih baik dari yang saya sumbangkan”. “Berapa?” Tanya Rasulullah. “Sebanyak rizki, kebaikan, dan pahala yang dijanjikan Allah.” Jawabnya.

Setelah Rasulullah SAW wafat, Abdurrahman bin Auf bertugas menjaga kesejahteraan dan keselamatan Ummahatul Mu’minin (para istri Rasulullah SAW).Abdurrahman bin Auf pernah menyumbangkan seluruh barang yang dibawa oleh kafilah perdagangannya kepada penduduk Madinah padahal seluruh kafilah ini membawa barang dagangan yang diangkut oleh 700 unta yang memenuhi jalan-jalan kota Madinah. Selain itu juga tercatat Abdurrahman bin Auf telah menyumbangkan dengan sembunyi-sembunyi atau terang-terangan antara lain 40,000 Dirham (sekitar Rp 1.4 Milyar uang sekarang), 40,000 Dinar (sekarang senilai +/- Rp 56 Milyar uang sekarang), 200 uqiyah emas, 500 ekor kuda, dan 1,500 ekor unta!Beliau juga menyantuni para veteran perang Badar yang masih hidup waktu itu dengan santunan sebesar 400 Dinar/orang (sekitar Rp 560 juta) untuk veteran yang jumlahnya tidak kurang dari 100 orang.

Dengan begitu banyak yang diinfaqkan di jalan Allah, beliau ketika meninggal pada usia 72 tahun masih juga meninggalkan harta yang sangat banyak yaitu terdiri dari 1000 ekor unta, 100 ekor kuda, 3,000 ekor kambing dan masing-masing istri mendapatkan warisan 80.000 Dinar. Padahal warisan istri-istri ini masing-masing hanya ¼ dari 1/8 (istri mendapat bagian 1/8 karena ada anak, lalu 1/8 ini dibagi 4 karena ada 4 istri).

Artinya kekayaan yang ditinggalkan Abdurrahman bin Auf saat itu berjumlah 2,560,000 Dinar atau sebesar Rp 3.584 trilyun untuk kurs uang Rupiah saat tulisan ini dibuat!

Bagaimana Abdurrahman bin Auf bisa sangat sukses berdagang dan juga dijamin masuk surga?

Berikut adalah yang bisa kita tiru dari beliau:

Seluruh usahanya hanya ditujukan untuk mencari ridhla Allah semata.Bermodal dan berniaga barang yang halal dan menjauhkan diri dari barang yang haram bahkan yang subhat sekalipun.Keuntungan hasil usaha bukan untuk dinikmati sendiri melainkan ditunaikan hak Allah, sanak keluarga dan untuk perjuangan di jalan Allah.

Abdurrahman bin Auf seorang pemimpin yang mengendalikan hartanya, bukan harta yang mengendalikannya.Shadaqah telah menyuburkan harta Abdurrahman bin Auf, sampai-sampai ada penduduk Madinah yang berkata “Seluruh penduduk Madinah berserikat dengan Abdurrahman bin Auf pada hartanya. 1/3 dipinjamkannya pada mereka, 1/3 untuk membayari hutang-hutang mereka, dan 1/3 sisanya dibagi-bagikan kepada mereka”.Keseluruhan harta Abdurahman bin Auf adalah harta yang halal, sehingga Ustman bin Affan RA yang sudah sangat kayapun bersedia menerima wasiat Abdurahman ketika membagikan 400 Dinar bagi setiap veteran perang Badar. Atas pembagian ini Utsman bin Affan berkata, “Harta Abdurahman bin Auf halal lagi bersih, dan memakan harta itu membawa selamat dan berkat”.Jadi mengelola Dinar tidak berarti menjadi hamba Dinar. Asal kita dapat kembali ke tuntunan dan contoh langsung dari Rasulullah SAW beserta para sahabatnya. Wallahu A’lam.

Sumber: http://www.dinarislam.com/

Triks dan tips Cara Membuka Usaha Clothing Kaos

Sabtu, 27 November 2010

Triks dan tips Cara Membuka Usaha Clothing Kaos  saya dapet dari mas hendra, dari pengalamanya  terkait Triks dan tips Cara Membuka Usaha Clothing Kaos, dan menurut saya info ini sepertinya bagus, maka kami publikasikan, harapanya bagi-bagi tips, dan semoga yang bersangkutan berkenan.

Jika kita ingin sukses bisni spakaian Tisp dan Trik bagaimana cara membuka Clouthing Kaos menurut dia di antaranya:  
Pertama : Pikirin IDE dasarnya dulu, ini penting banget. Kaos seperti apa yang pengen kita bikin. Tema atau Topik, Karakter dan target market yang mo di bidik (waduh kaya sniper aja maen bidik!) Kalo asal-asal kaos dijamin deh ga bakal bertahan lama dan kalah sama pemodal2 besar. 

Kedua : Bikin Brand, ini langkah kedua harus ditempuh, untuk hal ini jangan dengerin Shakepeare, biarin dia ngomong “apalah arti sebuah merk eh nama”. Banyak untungnya produk kita ber-merk, merk membuat produk kita beda, merk membuat produk kita unik, merk membuat produk kita tidak menjadi komoditas (aduh jangan sampe deh produk kita jadi komoditas, karena nantinya kita harus bersaing disisi harga. Ujung2nya kalah deh sama pemodal raksasa). Untuk mendalami merk, saya merekomendasikan bukunya mas Ippho Santosa yang berjudul HOT BRANDING.

Ketiga : Nah kalo udah dapet idenya, bikin TIM. Disini nih EQ (Entrepreneur quotient) kita diuji. Pertama cari yang jago design (Utamain Bisa Corel Draw dan Adobe Photoshop), Designer ini nantinya yang bikin kaos Temen2 punya kharakter sendiri, harus beda dan unik tentunya. Jadi si designer ini harus ngerti banget ide dasar yang udah temen2 tentuin di point pertama. Sebagai percobaan minta dibuatin beberapa design, mulai dari Brand, logo sampe design kaosnya. 

Keempat: Sekarang langkah keempat, masih dibagian pembentukan TIM, cari penjahit sama toekang sablon, cari yang berpengalaman dan udah jago supaya produk kita berkualitas tinggi. Kalo udah dapet baru beli mesin jahit konveksi sama alat2 sablon. Untuk mesin jahit kaos minimalnya kita harus punya, mesin potong kain, mesin jahit high speed, mesin obras, dan mesin overdeck lebih bagus lagi punya mesin jahit rantai dan setrika uap. Nah kalo peralatan sablon antara lain mesin, Screen, Rakel, Meja sablon plus Meja pembuatan Film, hot press, Pasta, Pewarna, Obat emulsi, Obat pembersih dll.

Kelima: Waduh2…kalo mulai bingung kita bisa melewatkan point 4 yang sarat modal. Wuasyik berarti bisa ga modal dong, Hush…mana ada usaha ga modal sama sekali. Ga perlu pusing proses produksi plus modal produksinya. Banyak kok yang nyediain jasa makloon produksi, dari mulai jasa makloon jahit sampe jasa makloon sablon. Nah tinggal bagaimana temen2 jeli mencarinya. Hehe.
Keenam: tinggal sekarang nyiapin peralatan tempur, oops peralatan produk clothing

  • Kain. Banyak sekali Jenis kain untuk t-shirt dari mulai Higet (biasanya untuk kaos partai), PE dan TC (Banyak mengandung bahan polister, jadi agak panas), Katun combat, Katun Kardet, Double Nit, Single Nit, Lacoste dll. Nah kalo standar kaos-kaos distro pake katun Combat (kualitas terbaik). Masalah harga tinggal tanya sama toko2 penjual kain kaos (ya iyalah..) rata-rata harga katun kombat Rp. 45.000-Rp 60.000 / kg. yang paling murah warna putih dan hitam yang paling mahal. 1 Kg bisa di buat menja di 3,2 kaos dewasa laki-laki lengan pendek, kalo panjang paling jadi 1,5 kaos. Oh iya jangan lupa beli rib, rib itu kerah buat di kaos oblong. Rib juga ada yang katun ada yang PE. Kalo mau bikin kaos berkerah (wangki) beda lagi bukan pake rib, tetapi pakenya kain kaos juga yang dibentuk kerah.
  • Label ini biasanya ada di leher kaos bagian belakang dalem, label fungsinya sebagai identitas produk kita, karena memuat logo, ukuran dan merk produk. Harganya murah Cuma Rp 700- 4000 /lusin tergantung warna, ukuran dan design, tapi jangan seneng dulu, harganya memang murah tetapi minimal pesanan harus banyak biasanya minimal 500 lusin, tergantung pabrik labelnya, ada yang minimal order Rp 700.000.
  • Tag . Tag dipakai untuk aksesoris brand kaos yang memuat info produk seperti harga, kode, ukuran, sama identitas produk atau bisa juga contact person produsen . Tag biasanya dibuat dari kertas atau plastik dengan sistem cetak atau sablon. Kalo mau dicetak harus buat banyak. Untuk memasang tag ini memakai tag gun bersama tag pin. Harga tag gun sekitar Rp 50.000 dan tag pin sekitar Rp.25.000 sudah dapet 1 kardus.
  • Kemasan. Kemasan ini sebagai pemanis dari produk bisa dibuat dari plastik, box atau kain. Lebih baik lagi pada kemasan ini terdapat identitas produk.
  • Pemasaran. Untuk permulaan, jual lewat temen-temen deket dulu, temen jauh, sodara deket sampae sodara jauh, trus jual sama orang yang ga kenal, hehe.... becanda. kalo blm punya tempat bisa di titipkan/konsinyiasi ke distro2 yang ada di sekitar tempat temen2, pola kerjasamanya tergantung kesepakatan masing-masing, biasanya dpt potongan 10 % - 20 %. 
Semoga dari tulisan ini bisa bermanfaat, bagi pelaku bisnis pakaian, jika anda tertarik ngapa nggak di coba saja. Salam sukses dari kami.

Peluang Usaha Peternakan Ayam Pedaging

Jumat, 26 November 2010

Setengah abad ayam ras di Indonesia, 1950-2000Peluang Usaha Ayam pedaging - Daging ayam ras dalam waktu relatif singkat menjadi komoditas bisnis peternakan yang strategis dan menggantikan peran ternak lainnya dalam penyediaan daging. Produksi daging sapi pada tahun 1984 sebesar 216,4 ribu ton, sedangkan produksi daging ayam ras baru 78,5 ribu ton tetapi sejak tahun 1990, produksi daging sapi hanya meningkat menjadi 259,2 ribu ton sementara daging ayam mulai melampaui daging sapi dengan produksi sebesar 261,4 ribu ton. Perubahan peran dalam kontribusi daging nasional dari dominannya daging sapi ke daging ayam ras terus berlanjut dan mencapai puncaknya pada tahun 1996, dimana produksi daging sapi sebesar 347,2 ribu ton sementara produksi daging ayam ras mencapai 605,0 ribu ton. Pada tahun 1996 tersebut terjadi puncak populasi ayam ras pedaging sebanyak 755,96 juta ekor (Direktorat Jenderal Peternakan, 2001).

Sebagaimana hasil penelitian, konsumsi daging ayam ras terus meningkat seiring dengan perubahan ekonomi nasional. Pada tahun 1990 konsumsi daging ayam ras baru mencapai 1,93 kg/kapita/tahun dan tahun 1996 meningkat mencapai 2,61 kg/kapita/tahun. Konsumsi daging ayam ras sempat menurun saat terjadi krisis tetapi kemudian kembali meningkat saat pemulihan ekonomi berlangsung dan pada tahun 2001 diprediksi konsumsi rata-rata 4,48 kg/kapita/tahun. Peningkatan konsumsi daging ayam ras diperkirakan terus meningkat apabila terjadi pertumbuhan ekonomi karena korelasi antara konsumsi dengan pendapatan masyarakat cukup tinggi. Titik jenuh konsumsi daging ayam ras masih jauh dibandingkan dengan kondisi saat ini. Sebagai perbandingan, konsumsi daging ayam ras di negara maju dapat mencapai 75 kg/kapita/tahun, yang 16 kali lipat lebih dari rata-rata konsumsi nasional saat ini (PINSAR Unggas Nasional, 2000).
Tingginya permintaan ayam ras dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut:
  1. memiliki karakteristik yang disukai masyarakat luas termasuk penduduk pedesaan;
  2. elastisitas permintaan terhadap pendapatan relatif lebih tinggi sebesar 1,11 dan relatif paling tinggi dibandingkan produk ternak lainnya;
  3. dibandingkan dengan daging lainnya, daging ayam ras dipercaya sebagai produk dengan kadar kolesterol rendah;
  4. harga relatif lebih rendah dibandingkan dengan harga daging lainnya, biasanya sekitar sepertiga dari harga daging sapi; dan
perkembangan usaha di tingkat off farm (proses hilir) yang sangat efektif dalam mendukung sistem distribusinya seperti McDonald, Kentucky Fried Chicken, California Fried Chicken, dan Texas Fried Chicken.
Perkembangan populasi dan produksi ayam ras pedaging sangat pesat karena faktor-faktor antara lain :
  • secara biologis memiliki masa pemeliharaan yang singkat, dapat dipanen umur 5-6 minggu;
  • dukungan yang kuat dalam ketersediaan bibit oleh industri modern khususnya dari negara tetangga;
  • teknologi mudah diadopsi dan minat masyarakat dalam budidaya sangat tinggi;
Adanya dukungan pemerintah dengan harapan menjadi instrumen pemberdayaan masyarakat melalui pola kemitraan PIR. Perkembangan ayam ras tersebut terkait dengan jumlah penduduk dan aksesibilitas, sehingga sentra pengembangan saat ini berada di Jawa Barat dengan populasi 180,83 juta ekor, Jawa Timur dengan 92,48 juta ekor, Jawa Tengah 71,86 juta ekor, Sumatera Utara 27,57 juta ekor (Direktorat Jenderal Peternakan, 2001). 

Semoga dari informasi ini bagi yang ingin usaha ayam pedaging lebih semangat menjalankan bisnis ini.karena sangat terbuka lebar pasar peternak ayampedagin ini. Selamat mencoba. Salam Sukses

PRODUSEN PAKAIAN ANAK-ANAK

Rabu, 24 November 2010

Setelah mendapatkan ide usaha, dari beberapa tulisan sebelumnya, saat ini mari kita menuju bisnis  atau menelaah usaha pakaian anak  yang saya beri judul “PRODUSEN PAKAIAN ANAK-ANAK”.

Pada umunya anak-anak bersifat konsumtive, di dukung lagi dari sikap kasih sayangnya orang tua terhadap anaknya sehingga tidak heran orang tua sering atau rela membelikan apapun yang diinginkan anak termasuk pakaian. karena pakaian jelas bagian dari kebutuhan. sehingga dari sudut pandang pebisnis bisnis pakauan anak sangat menjanjikan. selain itu anak-anak juga cepat pertumbuhan sehingga, orang tua juga akan terus mengganti pakaian baru. 

Untuk menjalankan bisnis produsen pakaian anak ini diperlukan minimal 4 pegawai. mereka bertugas menangani produksi.

KONSUMEN
konsumen utama adalah anak-anak berusia 1-15 tahun dengan menyalurkan produk ke toko

BAGAIMANA MEMULAI
Dibutuhkan tempat dan beberapa mesin jahit. Mencari pegawai Lebih baik dengan cara seleksi agar kualitas jahitan tetap terjaga. Setelah itu membeli bahan yang dibutuhkan.

HAMBATAN
Sebagai karyawan, kita tidak bisa maksimal di bisnis ini, terutama dalam penjualan dan pemasaran.

KUNCI SUKSES
Harus memilih pegawai yang bisa bekerja keras dan ahli dalam memasarkan produk agar penjualan tidak terganggu.

Di bawah ini adalah anasila usaha sederhana, produsen pakaian anak-anak

ANALISIS BEP
INVESTASI AWAL
Mesin jahit                              Rp 20.000.000,-
Bahan                                     Rp 20.000.000,-
TOTAL                                  Rp 40.000.000,-
BIAYA OPERASIONAL
Listrik dan telepo                    Rp    500.000,-
Gaji pegawai                           Rp 10.000.000,-
Bahan baku                             Rp 30.000.000,-
TOTAL                                  Rp 40.500.000,-
Omzet per bulan                      Rp 55.000.000,-
Laba per bulan (15-20% dari omzet)        Rp 14.500.000,-
analisis BEP                    3,5 Bulan
Semoga dari tips sederhana ini bisa bermanfaat.

How To Make Money From Niche Ebooks

Selasa, 23 November 2010

-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-
How To Make Money From Niche Ebooks

Maverick Money Makers � 1997 - 2008

http://tinyurl.com/28ajmkc
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-

If you have the flair for writing and if you have specialized knowledge that can potentially interest online users, you will stand great chances of making huge money online by writing and publishing your own niche ebooks. Here's how:

1. Sell ad spaces. You can augment your earnings from this endeavor if you can sell ad spaces to marketers who are selling products that compliment your book topic.

Depending on the size of the ad and the projected sales of your ebook, you can charge up to $500 per ad. You can also use some of your book space to promote your own products and services.

By doing so, you can increase your sales and revenue without hurting your pockets for your advertising cost. You just have to make sure that your creations will not look like yellow pages so you can avoid annoying your readers.

2. Sell your niche ebooks. This is the fastest way to generate income from your creations.

You may write about topics that are extremely interesting to your potential clients and promote your niche ebooks online using the most effective advertising tools that are available in the internet today.

You need to make sure properly build-up your offerings by highlighting their features and benefits so you can make them more valuable to the eyes of your potential clients.

3. Use them as your traffic-generating tool. If you are a marketer, you must understand the importance of driving quality traffic to your website.

You can attract interested people to give you a visit by using your niche ebooks. How? You can send your niche ebooks for free to your potential clients. Load them up with valuable information that these people will find interesting.

When you are able to impress your readers and make them see that you are really good on what you do, you can be assured that they will flock your website in no time. Make sure that you post your site's URL on every page of your creations to make it much easier for these people to give you a visit.

4. Use them on your list building campaigns. You'll stand great chances of growing your ebusiness if you can effectively capture the email addresses of your potential clients.

You can boost your sign-up rate if you can reward these people with free niche ebooks that contain information that are relevant to their needs and demands.
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-

Maverick Money Makers is a private
society that will teach you how to
build a six-figure a month business
on the internet.

If you want to make money online,
join the society before it's too late.

http://tinyurl.com/28ajmkc

-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-

Why I think PayDotCom is the Best Affiliate Marketplace on the Net!

Sabtu, 20 November 2010

Hi

ibnu hajar here...

If you are familiar with Clickbank.com (R), or even if you are not but you want to make profits online, then you will want to check this out ASAP ...

While I like Clickbank, and they are a great marketplace... they are limited to many restrictions to sell products or earn affiliate commissions...

Well, there is a GREAT NEW SERVICE now...

It is a new FREE marketplace where you can sell any product you want.

Yours OWN product...

- OR - (the best part)
You can become an INSTANT Affiliate for ANY item in their HUGE marketplace.

It is called PayDotCom.com!

Did I mention it is 100% FREE to Join!

This site is going to KILL all other marketplaces and I by now, almost EVERY SINGLE SERIOUS online marketer has an account with PayDotCom.com

So get yours now and see how much they offer...


OH! - Also, they have their won affiliate program now that pays you COLD HARD cash just for sharing the site with people like I am doing with you...

They give you cool tools like BLOG WIDGETS, and they even have an advertising program to help you get traffic to your site.

If you want an ARMY of affiliates to sell your products for you, they also allow you to have Free placement in their marketplace!

Even better... If your product becomes one of the Top 25 products in its category in the marketplace (not that hard to do)...

...then you will get Free advertising on the Blog Widget which is syndicated on THOUSANDS of sites World Wide and get Millions of impressions per month.

So, what are you waiting for...

PayDotCom.com ROCKS!

Get your FREE account now...

http://paydotcom.net/?affiliate=696558

Thanks,

ibnu hajar

Cara sukses membuka usaha makanan

Senin, 15 November 2010

BAHAN MAKANAN PROTEIN IKAN (III)Membuat makanan yang lezat tidak menjamin sebuah keberhasilan dalam membuat usaha. tahu bagaimana membuat makanan kemudian dapat mengelola bisnis anda sendiri adalah dua hal yang berbeda.
Seandainya anda mampu menguasai dalam memproduksi masakan ataupun makanan ringan, maka anda juga harus harus mengetahui bagaimana caranya untuk memulai bisnis anda dari usaha makanan tersebut.
Berikut ini kami sajikan beberapa tips dan trik dalam memulai usaha di bidang makanan yang saya peroleh dari bisnisukm:
  1. Perbaharui dan perbaiki kualitas dari masakan buatan anda. Untuk mengetahui kualitas rasa dari masakan, anda dapat membagi sampel kepada teman atau saudara tedekat untuk memperoleh reaksi mereka terhadap produk makanan anda. Setelah itu anda perbaiki agar sesuai dengan keinginan mereka.
  2. Makanan yang memiliki segmen, anda harus dapat memperbaharui dari resep, penampilan atau cara penyajiannya makanan anda.
  3. Perlu dipikirkan juga outlet penjualan makanan, apakah anda berencana membuka toko atau bekerjasama dengan pihan lain? Contohnya jika anda memilih untuk membuka usaha pembuatan kue pengantin, anda dapat melakukan kerjasama dengan pihak wedding organizer.
  4. Strategi penjualan lainnya adalah anda bisa juga melakukan kerjasama dengan beberapa usaha kantin. Anda dapat mensuplai masakan setiap harinya untuk dijualkan di kantin tersebut. Untuk hal ini, anda juga harus memperhatikan sistem pengantarannya, karena berkaitan dengan biaya transportasi.
  5. Pikirkan teknologi untuk mendampingi produk anda. Apakah produk anda memerlukan ruangan khusus untuk mempersiapkannya? Apakah perlu membeli peralatan khusus untuk menyimpan bahan baku? dan lain sebagainya.
  6. Namun pada saat awal usaha, sebaiknya anda mengurangi pengeluaran untuk investasi teknologi produksi. Hal ini bisa anda lakukan dengan cara yang lebih sederhana, atau anda bisa lakukan kerjasama dengan orang lain dalam mensuplai kebutuhan bahan baku tersebut.
  7. Tujuannya adalah agar anda tidak terlalu berat dalam memenuhi kebutuhan modal usaha. Setelah usaha anda berjalan lancar dan memiliki pelanggan yang tetap, maka anda dapat melakukan pembelian peralatan produksi tersebut.
  8. Anda harus memikirkan bahwa produk anda aman dikonsumsi serta mendatangkan profit. Mungkin anda haus menguji produk anda terlebih dahulu kepada pihak yang berkompeten untuk memastikan keamanan produk anda agar tak menjadi masalah di kemudian hari.
  9. Jika anda memulai bisnis makanan ringan, dipikirkan juga kemasan yang menarik agar memberikan nilai lebih pada produk buatan anda. Selain itu juga, dapat meningkatkan image produk dari calon pembeli. Kemasan dapat berasal dari jenis plastik ataupun kertas.
  10. Yang paling sering menjadi permasalahan dalam menjalankan usaha makanan, adalah ketakutan pada diri sendiri. Pikiran – pikiran apakah produknya laku atau tidak, bagaimana nanti jika ada yang mengeluh, dll.
Teruslah berusaha dan jangan mudah putus asa, Semoga tengan adanya tips ini bisa membantu anda sukses dalam usaha makanan, selamat mencoba dan salam sukses.

Cara Mengubah domain blogspot ke co.cc

Minggu, 14 November 2010

CO.CC:Free Domain
Untuk mengubah atau mengganti domain dari blogger. umumnya nama blog http://namabloger.blogspot.com, agar tampilan lebih bagus di lihat kita bisa megubah nama domain blog. Salah satu layanan penyedia domain gratis adalah co.cc. Jadi nantinya nama domain blog kita akan menjadi http://namabloger.co.cc. saya sudah mencobanya dari nama domain blogspot menjadi .co.cc dan ternyata berhasil dan cukp mudah.

Yoi , marilah kita mulai saja, caranya adalah sebagai berikut :
1. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mendaftar pada layanan co.cc ini.
2. Dapatkan nama domain terlebih dahulu dengan mengisi pada kotak yang tersedia, dan
klik Check Availability. Atau lebih mudahnya gunakan kotak dibawah ini (Isikan domain yang ingin kamu daftarkan!).


3. Setelah mendapatkan nama domain, selanjutnya Masuk pada menu Domain setting ;
Manage Domain dan klik Setup
4. Abaikan Menu 1>> manage DNS / kosongkan name servernya anda langsung klik menu
2>> Zona Record
5. Isi add record dengan isian sebagai berikut :
Host : isi dengan nama domain yang sudah anda daftarkan misal : www.namabloger.co.cc
TTL : 1 D (tidak perlu dirubah)
Type : cname
Value : ghs.google.com
6. Kemudian klik Setup

Kita telah selesai setting pada co.cc, kemudian tinggal setting di blogger:
1. Masuk / login ke blogger.com.
2. Masuk menu Setting >>> Publishing (Pengaturan >> Publikasikan)
3. Kemudian pilih “Switch to: Custom Domain” (Berpindah ke : Domain Ubahsuaian)
4. Klik “Already own a domain? Switch to advanced settings” (Beralihlah ke pengaturan lanjut)
5. Isikan pada kolom “Your Domain” dengan domain co.cc yang anda daftarkan tadi.
6. Use a missing files host? pilih No.
7. Masukan Word Verivication dan klik Save setting.

Akhirnya, sudah selesai, mudah bukan. Blog kita sekarang sudah berganti nama domain menjadi co.cc, tinggal menunggu proses sinchronisasinya dari co.cc ke Blogspot maksimal 24 jam setelah itu kita sudah bisa mengakses url blogspot.com anda dengan nama domain co.cc yang telah kita buat tadi.



Bagi anda yang tertarik silahkan di coba. semoga brhasil..

Cara Aman Belanja Barang Eloktronik

Rabu, 10 November 2010

Barang elektronik yang muncul saat ini sangat banyak, seperti handphone yang memudahkan orang untuk berkomunikasi dengan kerabat maupun relasinya, computer dan laptop yang membantu semua orang lebih mudah mengerjakan pekerjaan maupun tugas kantornya, radio dan televisi yang memberikan informasi dan hiburan bagi masyarakat luas, bahkan barang elektronik seperti magic jar, blender dan kulkas yang memudahkan para ibu rumah tangga untuk mengerjakan pekerjaan rumahnya, dan banyak lagi manfaat barang elektronik lainya.


Banyaknya barang elektronik yang bermunculan berhasil menarik minat konsumen untuk membeli barang – barang tersebut untuk mempermudah pekerjaan mereka. Saat ini bahkan barang elektronik bukan hanya untuk keperluan sehari – hari saja, namun barang elektronik juga memudahkan para pelaku usaha untuk menjalankan peluang bisnis yang mereka bangun.

Besarnya permintaan pasar akan barang elektronik, digunakan sebagian warga untuk mencoba peluang bisnis di bidang tersebut. menyebabkan persaingan pasar pun semakin ketat. Sehingga mereka saling bersaing dengan menjual barang elektronik dengan harga murah namun kualitasnya belum terjamin. Oleh karena itu sebaiknya bagi para konsumen hendaknya memperhatikan tips aman berbelanja barang elektronik. supaya anda tidak salah berbisnis barang elektronik di sini kami berikan tips aman membeli barang elektroni. yang saya ambil dari sumber bisnisukm.

A. Sebaiknya carilah toko elektronik yang memiliki berbagai pilihan produk. Pada toko yang memiliki banyak varian produk, Anda dapat membandingkan produk tertentu dengan berbagai merek yang ditawarkan. Sehingga Anda mengetahui kualitas produk dari berbagai merek, sebelum Anda memilih untuk membeli salah satu produk. Bila perlu sebaiknya lebih aman membeli produk, di toko langganan elektronik Anda sehingga kemungkinan  tertipu oleh berbagai penawaran sangatlah kecil.

B. Upayakan untuk memilih barang elektronik yang asli, agar kualitas barang juga terjamin. Karena saat ini barang elektronik bajakan juga banyak beredar dipasaran, dan dijual dengan harga lebih murah namun kualitasnya jauh berbeda dengan kualitas produk aslinya. Oleh karena itu sebaiknya carilah informasi terlebih dahulu mengenai produk elekronik yang ingin Anda cari, dan pastikan Anda mengetahui ciri produk yang benar – benar asli.

C. Tanyakan segala hal yang berhubungan dengan produk elektronik tersebut, dari mulai kelebihannya, kekurangannya, serta cara mengoperasikan menu – menu yang ada pada barang elektronik tersebut. Sehingga Anda tidak salah memilih produk yang sesuai dengan keinginan Anda. Jika perlua ajaklah rekan atau kerabat dekat yang lebih paham dengan barang elektronik.

D. Sebelum memutuskan membeli produk, Anda wajib untuk mencoba atau melakukan tes pada produk tersebut. Sehingga Anda mengetahui pasti bahwa produk tersebut kualitasnya benar – benar terjamin, dan tidak ada kerusakan sekecil apapun. Karena jika Anda tidak mencobanya, dan kemudian hari Anda komplain maka yang akan disalahkan atas kerusakan tersebut adalah Anda.

F. Setelah membayar, mintalah kwitansi yang disertai dengan kartu garansi elektonik yang anda beli. Hal ini sangatlah penting, karena dengan adanya kartu garansi Anda mendapatkan jaminan jika barang elektronik yang Anda beli mengalami kerusakan. Bila perlu tanyakan berapa lama garansi toko dan garansi servis. Sehingga pada saat complain Anda tidak dipersulit karena sudah memiliki kartu garansi resmi.

Demikianlah tips cara aman untuk usaha eloktronik, semoga tari tips tersebut bagi anda yang sedang atau akan menjalankuan usaha elktronik bisa di terapkan. harapanya artikel bermanfaat.

Nata De Coco Peluang Usaha Prospek

Senin, 08 November 2010

Peluang usaha nata de coco cukup bagus, karena sumber produksi di daerah kita sangat banyak, meskipun saat ini cukup banyak produsen, jika di lakukan kemasan dan manajeman yang bagus maka bisnis minuman ini sangat prospek.

Supaya bisa merebut pasaran dan eksis, maka salah satu trik usaha nata de coco yang bisa diterapkan adalah dengan membuat beberapa varian rasa yang berbeda-beda. Misalnya ada yang rasa str awberry, lechi, rasa nanas, rasa apel dsb. Warna juga dibuat bebarapa varian, disamping warna putih, ada yang merah, kuning dan hijau. Dan yang paling utama adalah kualitas bahan dan ketepatan racikannya
 

Menurut informasi yang menggeluti usaha ini bahwa harga setorannya ke toko sekitar Rp 500 per cup. Setelah sampai ke konsumen biasanya harga sekitar Rp 750 sampai Rp 1000. Kemasan yang digunakan adalah cup plastik transparan ukuran 200 ml.Usaha ini juga bisa dijalankan dengan modal hanya Rp 500.000 – Rp 1.000.000.

Model Pemasaran
Model pemasaran nata de coco yaitu dengan mengajak kerjasama dengan distributor untuk mengambil produk kita dengan komisi tertentu. Itu dilakukan kalau produk kita dalam jumlah banyak. Dan kita mampu untuk secara kontinyu menyediakan produknya jika para distributor itu membutuhkan. Tetapi jika produknya dipandang masih belum banyak, maka kita bisa memasarkan langsung ke toko-toko. Tentu saja dengan mempekerjakan sales. Kalau itupun tidak bisa karena produknya masih sedikit, maka memang kita harus langsung memasarkan sendiri ke toko-toko. Sasaran toko-toko tersebut yaitu toko-toko kelontong, toko khusus makanan dan minuman dan warung makan atau rumah makan.

Bahan baku dan peralatan
Supaya kualitas nata ce coco bagus maka dipilih bahan baku yang betul-betul alami yaitu berupa air kelapa. Dalam pembuatannya tidak menggunakan bahan pengawet. Bahan baku yang perlu dipersiapkan adalah air kelapa, gula pasir, cuka serta bahan kemasannya yaitu cup plastic dan leed (plastic penutup kemasan). Dua bahan yang terakhir ini bisa didapatkan di toko yang menjual aneka bahan pembuat roti. Peralatan tambahan yang diperlukan adalah cup sealer, kompor, loyang dan dandang

Membuat nata de coco
Bahan-bahan : 3 liter air kelapa, 225 gram gula pasir, 45 ml asam cuka
Cara membuat :
1. Saring air kelapa hingga bersih
2.Tambahkan gula pasir 3 – 5 %
3.Selanjutnya panaskan sampai mendidih 15 menit
4.Tambahkan asam cuka sampai pH mencapai 4 – 4,5 %.
5.Dinginkan sampai suhu 45 C
6. Tutup loyang dengan kain atau kertas Koran yang telah disterilkan
7. Kemudian inkubasi selama 1 minggu
8. Setelah itu dapat dipanen
9. Setelah itu buang lapisan atas dan bawahnya
10 Cuci sampai bersih dan iris kotak-kotak atau lakukan proses penghilangan asam dengan merebus
11. Tambahkan air berwarna (sirup) dengan berbagai variasi rasa maupun warna (harus aman)


Selamat mencoba usaha nata de coco semoga info ini bermanfaat, dan menjadi inspirasi bagi usaha anda.

Khasiat Sarang Walet Mitos atau Fakta

Khasiat Sarang Walet Mitos atau Fakta, Entah dari mana mulanya khasiat sarang burung walet (Collocalia fuciphaga) cukup terkenal di seantero dunia. Sarang burung anggota famili apodiae ini sejak puluhan bahkan mungkin ratusan tahun lalu diyakini punya khasiat dalam memberikan kesegaran dan bahkan untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Mitos baik untuk kesehatan muncul dari pengalaman pengguna yang semula disampaikan dari mulut ke mulut itu kemudian disebarluaskan pula oleh media massa. Itulah setidaknya yang dipercaya masyarakat Indonesia dalam sebuah laporan penelitian Riset Unggulan Nasional Terpadu.

Ada 3 kelompok responden yang diteliti, masyarakat, awam, pengusaha dan ilmuwan, mengatakan bahwa sarang walet punya banyak keampuhan. Antara lain menjaga kesegaran tubuh, meningkatkan vitalitas, obat awet muda, memelihara kecantikan dan menghambat kanker.

Menurut dr Cheng Ce yang ditemui di Cianjur, liur dari kelenjar glandula sub lingualis itu dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, bukan berarti mengobati penyakit.

Sarang walet itu berfungsi sebagai food supplement ibarat multivitamin di toko - toko. Asupan sarang walet akan menstimulus kinerja organ-organ tubuh lebih baik. Kekebalan tubuh meningkat dan penyakit menyingkir,  tutur spesialis kanker dari Sekolah Kedokteran Tradisional di Propinsi Henan, Cina. Jadi selain itu juga sarang burung walet mengandung protein yang berbentuk glikoprotein yang merupakan komponen terbesar selain karbohidrat, lemak, dan air. Jumlahnya mencapai 50 persen. Di tubuh, protein berperan sebagai zat pembangunan. Ia membentuk sel - sel dan jaringan baru serta berperan aktif selama metabolisme protein asal hewan diakui lebih gizi lantaran punya ikatan senyawa lebih kompleks dari pada protein nabati.

Bahkan salah satu senyawa turunannya azitothymidine telah diteliti bisa melawan AIDS. Istimewanya lagi, sarang walet sumber asam amino yang lengkap. Tercatat sekitar 17 asam amino esensial, semi esensial dan non-esensial yang dimiliki. Salah satunya kini dikembangkan oleh peneliti-peneliti di barat sebagai pelawan stroke dan kanker. Mineral-mineral sarang walet tak kalah manjurnya untuk mendukung aktivitas tubuh.

Ada 6 mineral yang sudah diketahui seperti kalsium, besi, phospor, kalium dan natrium.
Di dalam tubuh, kalsium berperan untuk pembentukan tulang. Sayangnya, mineral dan senyawa penting sarang walet mudah leyap. Oleh karena itu, Dr. Kong Yun Cheung dari Universitas Hongkong, menyarankan sarang walet tidak perlu di cuci, sebab glikoprotein akan terbuang, toh sup sarang walet tetap menunjukkan manfaat sugesti penyantaplah yang diduga jadi obatnya.

Karena sangat banyak manfaat dan harga sarang burung walet sangat mahal tidak salah jika anda membuka  usaha sarang burung walet. Anda tertarik? tidak ada salah untuk di coba..
Semoga Sukses!!

Ref :indomedia.com

Peluang usaha - Sarang Burung Walet

Peluang usaha - Sarang Burung Walet. Seperti yang sudah kita ketahui, sarang burung walet yang asli harganya mahal banget, mungkin aja sarang burung walet ini merupakan sarang burung yang paling mahal di dunia (sejauh yang kita ketahui). Bayangin aja de..1 ons sarang burung walet yang kurang lebih terdiri dari 10 buah sarang dengan kualitas baik bisa dijual dengan harga 1,4 juta rupiah!! Dan katanya si..orang – orang rela membayar mahal sebab sarang burung walet ini dipercayai mempunyai khasiat mampu menyembuhkan berbagai penyakit, mulai dari kelas ringan sampai kelas berat.

Umumnya, sarang burung walet disajikan dalam bentuk sup. Dan dapat kita temukan di restoran – restoran Cina. Sebenarnya, pengkonsumsian sarang burung walet ini bukanlah hal yang baru. Malah, sudah sejak abad 14, sarang burung ini dimanfaatkan sebagai makanan. Di Cina, sup sarang burung walet (birdnest soup) merupakan makanan favorit para raja dan bangsawan. Dan menurut cerita yang masih beredar sampe sekarang (mitos kali..) kaisar Ming sangat menggemari sup yang satu ini. Mungkin karena cerita atau mitosnya itulah, maka sup sarang burung walet dijadikan simbol makanan yang mewah dan bergengsi dan sangat mahal harganya.

Tetapi, pengkonsumsian sarang burung walet di Indonesia bisa dikatakan tergolong rendah, hampir 90% sarang burung walet diekspor ke luar negri. Pengkonsumsian sarang burung walet inipun masih ada bedanya. Kalo di Singapore dan Malaysia, lebih menyukai sarang burung yang mengandung lumut (moss nest), yang biasanya diambil dari gua – gua karang di tepi pantai. Sehingga warnanya pun tidak sebersih sarang burung walet yang dibudidayakan di atap – atap rumah. Katanya si, rasanya lebih kenyal dan tidak cepat pecah saat dimasak. Sedangkan Cina dan Indonesia lebih menyukai sarang burung yang putih bersih.

Untuk menentukan kualitas dari sarang burung walet, ada syarat – syarat tertentu yang harus dipenuhi, misalnya ketebalan sarang. Seperti yang kita ketahui, sarang burung itu dibuat dari air liur burung walet tersebut. Setiap hari, sepasang walet betina dan jantan bergantian membuat sehelai sarang dengan cara mengoleskan air liur mereka ke dinding gua, dinding tebing, ataupun atap rumah. Ingat..Satu satu hari hanya mengoleskan satu helai sarang aja. Jadi jangan heran, untuk membuat sarang saja dibutuhkan waktu sekitar 33-41 hari. Malah, pada saat musim kemarau, pembuatan sarang bisa lebih lama, sekitar 80 hari.

Kualitas itulah yang menetukan harga atau nilai dari sarang burung walet tersebut. Sarang burung dengan kualitas sempurna yaitu memiliki bentuk seperti mangkuk, dindingnya tebal, kuat dengan tinggi kira – kira 5 cm, serta bersih tidak tercemar kotoran, bisa dijual dengan harga yang cukup tinggi. Sebaliknya, sarang burung yang kualitasnya rendah, yaitu yang serat – seratnya tidak utuh, kotor, serta bentuknya cacat, hanya bisa dijual dengan harga murah.

Terdapat dua jenis sarang burung bila dilihat dari warnanya. Ada sarang burung putih yang seluruhnya terbuat dari air liur burung walet, dan sarang burung hitam, yang terbuat dari campuran air liur dan bulu – bulu burung. Sarang burung walet yang berwarna putih lebih mahal harganya. Sarang burung yang putih bersih, harganya bisa mencapai 14 juta rupiah/kg, sedang yang hitam paling hanya sekitar 1 atau 2 juta/kg. Ada juga, sarang burung yang memiliki serat – serat merah di sarangnya seperti darah. Itu harganya jauh lebih mahal lagi, yaitu sekitar 17 juta/kg. (bagian 1)

Refrensi : indomedia.com

Kiat Sukses Usaha Anggrek

Kamis, 04 November 2010

Proposal Usaha - Hampir setiap orang mengenal Bunga Anggrek, pesona bunga anggrek yang menawan telah membuat banyak pecinta tanaman hias berburu dan mengoleksi anggrek dari penjuru daerah. Selain keindahan bunga anggrek, jenis anggrek yang ada di dunia ini sangatlah bervariasi, tercatat lebih 30.000 spesies angrek di seluruh dunia, belum lagi anggrek hasil persilangan.  
Bisnis bunga anggrek memiliki pasar yang relatif stabil dibandingkan dengan bisnis bunga lain seperti gelombang cinta yang sempat booming beberapa saat yang lalu. Tidak mengenal booming dan juga tidak surut. Karena itu bisnis bunga anggrek cukup potensial untuk ditekuni.

Peluang bisnis bunga anggrek selain untuk memenuhi pasar dalam negeri juga telah diekspor ke beberapa negara seperti Jepang , Singapura dan beberapa negara lainnya. Pasar anggrek dalam negeri ditujukan untuk koleksi para penghobi, penghias taman maupun bunga untuk acara-acara tertantu. Untuk pasar luar negeri biasanya memerlukan standart kualitas yang cukup ketat, misalnya pasar Jepang sangat ketat dalam hal kandungan pestisida seminimal mungkin dalam bunga anggrek.


Bisnis tanaman angrek bisa ditekuni sebagai usaha sampingan dan bisa memanfaatkan pekarangan rumah yang ada. Selain itu usaha di budidaya bunga anggrek tidak membutuhkan modal yang besar, cukup ala kadarnya. Dari segi waktu, masih bisa dikerjakan secara sambilan. Tidak heran banyak usaha tanaman anggrek ini dikelola oleh ibu-ibu rumah tangga di sela-sela kesibukannya. Bisa dikatakan bisnis tanaman anggrek merupakan bisnis yang bisa dilakukan dari rumah.

Anggrek Catelya
Jika anda tertarik mengisi waktu luang dengan usaha produktif, ada beberapa tips sukses dalam mengelola usaha sampingan tanaman anggrek:

Melakukan pembesaran bibit Bunga Anggrek

Pembesaran bibit merupakan usaha tanaman anggrek yang dibeli dari bibit yang masih kecil. Bibit bisa dibeli saat masih berada dalam botol atau sudah ditebar pada media pot. Umumnya, ibu-ibu melakukan pembesaran bibit anggrek, lalu ditanam dalam pot atau terkadang papan pakis. Coba tengok aneka anggrek dalam pot yang dipasarkan di pinggir-pinggir jalan kota, di warung tanaman hias, atau justru di halaman rumah. Harganya cukup terjangkau. Misalnya: anggrek bulan dalam pot senilai Rp 15 ribu sampai Rp 20 per pot.

Mengatur pembungaan Anggrek

Tujuannya agar kita selalu memiliki tanaman anggrek yang berbunga. Pasalnya, para pembeli biasanya lebih tertarik pada anggrek dalam pot yang sedang berbunga. Mengatur pembungaan bisa dilakukan dengan memberikan obat perangsang bunga atau hormon pada tanaman anggrek.

Mencegah penyakit Bunga Anggrek

Waspada terhadap amukan penyakit busuk daun dan antraknosa. Kalau bisa, lakukan pencegahan semampunya. Jangan memberikan terlalu banyak air tetapi juga jangan terlalu kering.

Refrensi :galeriukm

Gratiskan Jualan Anda !!!

Rabu, 03 November 2010

.Oleh : AA
“Cara jualan kamu kuno !” Demikian kata seorang pengusaha senior kepada saya ketika kami sedang berbuka puasa bersama, bulan Ramadan lalu. Saya tergagap. Wah, baru kali ini ada yang mengatakan demikian tentang model bisnis saya. Tapi berhubung beliau jauh … jauh … jauh … lebih berpengalaman dibanding saya, dengan usaha yang skala nya ratusan kali lipat usaha saya, saya tidak punya pilihan lain selain mendengar kritikan beliau. Saya menahan nafas menunggu kalimat beliau berikutnya.

Beliau menambahkan, “Kalau kamu bisnis IT, nyuruh pelanggan beli produk, itu bisnis jaman dulu”. Saya mulai paham. Karena beberapa pelanggan saya ada yang memang menggunakan pola pembayaran bulanan atau sewa. Tidak mau kalah saya langsung berkomentar: “Kalau sewa atau bayar biaya bulanan bagaimana Pak?” Beliau menjawab: “Itu lebih baik. Tapi itu sekarang juga sudah kuno!” Nah ini bikin saya kaget lagi. “Yang gak kuno gimana dong Pak?”, saya makin penasaran. “Yang gak kuno itu kalau pelanggan gak usah bayar !.” Nyaris saya lompat dari kursi. Gratis? Musti bayar gaji karyawan dari mana? Beliau hanya tertawa-tawa, membuat saya makin penasaran.

Seolah “Law of Attraction” bekerja keras untuk saya. Dua minggu kemudian tanpa sengaja saya nemu buku baru karya salah satu penulis favorit saya Chris Anderson, judulnya: “Free: The future of radical price”. Ya, pengusaha senior tadi ternyata benar! Masa depan ternyata ada pada harga nol, alias gratis. Pelanggan gak usah bayar.

Semua Serba Gratis
Tidak dapat disangkal, virus gratis memang sudah menjalar kemana-mana. Kita sekarang bisa dengan mudah mengakses internet di mall-mall melalui infrastruktur hot-spot gratis. Saya menggunakan laptop dengan OS Linux Ubuntu yang dibagi-bagikan gratis oleh Canonical, mengetik dengan word-processor OpenOffice yang disediakan gratis oleh Sun Microsystem, menggunakan browser Firefox yang gratis, menggunakan layanan email gratis dari Google, chatting gratis melalui Yahoo Messenger dan mengakses jaringan seperti Facebook secara gratis. Malah kalau online nya di bandara, kopi yang menemani saya online pun gratis, komplimen dari lounge yang disponsori penerbit kartu kredit yg saya pakai. Chris Anderson malah mengetik seluruh isi buku nya melalui aplikasi Google Docs, word processing gratis yang disediakan online oleh Google.

Tunggu … kenapa yang gratis hanya layanan-layanan yang terkait dengan internet? Oh tidak. Diluar itu Anda juga dengan mudah menemukan produk atau layanan gratis atau sangat murah. Memang tidak semua sudah tersedia di Negara kita. Beberapa tahun lalu, kalau ingin pasang antenna parabola di rumah, kita harus membayar cukup mahal. Sekarang antenna parabola “dipinjamkan” oleh provider layanan siaran TV melalui satelit. Modem bisa kita peroleh gratis jika kita berlangganan broadband. Hampir semua penerbit kartu kredit sudah menggratiskan iuran tahunan-nya. Low cost airlines telah merevolusi dan mempelopori penjualan tiket pesawat terbang sangat murah atau bahkan gratis. Di Negara-negara maju, daftar produk gratis ini semakin banyak. Anda dapat memiliki handphone dengan gratis, tentu dengan kontrak berlangganan tertentu. Memiliki laptop gratis, dengan berlangganan akses broadband. Singkat kata semua ada versi gratis nya, bahkan mobil gratis pun ada. Kalau majalah gratis sudah sangat biasa, Di Tokyo, malah ada toko yang menyediakan 5 item gratis untuk setiap pengunjungnya, mulai dari lilin, mie instan, sampai krim wajah.

Makan Siang Gratis Memang (Pernah) Ada
Anda tentu pernah mendengar ungkapan “tidak ada makan siang gratis”. Ungkapan ini sebenarnya berasal dari jaman Cowboy di Amerika Serikat. Pada waktu itu banyak Saloon, tempat nongkrong orang Amerika jaman dulu, yang menyediakan makan siang gratis untuk menarik pengunjung. Makan siang nya memang benar-benar gratis. Tapi pengunjung harus bayar mahal untuk yang lain-lain, seperti minuman, permainan kasino, sewa kamar, dsb.
Bagi-bagi produk gratis juga awalnya dilakukan oleh King Gillette, pencipta silet cukur pertama di dunia. Jaman dahulu pria bercukur dengan pisau cukur lipat yang tidak praktis, harus sering di asah, dsb. Ide menggunakan pisau cukur super tipis yang tidak perlu diasah, tapi dibuang jika sudah tumpul, adalah ide baru yang awalnya sulit dipahami. Gillette pun membagikan secara gratis sebagai marketing gimmick produk lain, dengan harapan pengguna baru yang menyukai ide ini selanjutnya akan membeli. Misalnya bekerjasama dengan bank, pisau baru Gillette dijadikan bonus bagi pembuka rekening tabungan. Dan Gillette benar, lambat laun pisau cukur Gillette dikenal dan kemudian mendunia hingga hari ini.

Jell-O, dessert paling popular di Amerika juga awalnya sulit untuk dijual. Peter Cooper, penemu makanan dari gelatin ini kesulitan memperkenalkan produk baru nya. Baru setelah produk ini dipasarkan oleh genius pemasaran dan orator Francis Woodward, Jell-O menemukan tempatnya di pasar. Woodward bukan membagikan produk ini secara gratis. Namun mencetak dan membagikan buku resep gratis untuk memberi ide kepada calon pelanggan, bahwa Jell-O sangat praktis dan dapat disajikan dengan berbagai variasi. Woodward yang membeli lisensi Jell-O hanya seharga $450 sukses besar.

Dari Kelangkaan Menuju Keberlimpahan
Model gratis a la Saloon, Gillette dan Jell-O adalah model-model gratis abad lalu, yang hingga sekarang masih sering digunakan. Namun, abad 21 telah menciptakan model bisnis gratis baru. Model bisnis yang digerakkan oleh kemudahan dan teknologi.

Plastik pada awalnya dirancang sebagai produk eksklusif. Riset dan produksinya memerlukan biaya mahal. Plastik juga lebih kuat dan tahan lama disbanding kayu. Jadi sudah selayaknya produk dari plastic dijual mahal. Namun, kita lihat hari ini, plastic demikian berlimpah ada dimana-mana. Plastik pada akhirnya menjadi komoditas yang berlimpah dan murah.

Barang elektronik modern tumbuh pesat setelah transistor ditemukan. Pada awalnya transistor adalah barang langka yang mahal. Tahun 1961 harga 1 buah transistor adalah $ 10. Kurang dari 10 tahun harga nya sudah tinggal $1 sen. Dan hari ini, sebuah microchip yang setara dengan 2 milyar transistor hanya dijual $ 300, atau 0.000015 sen per transistor. Hal yang sama terjadi juga untuk kapasitas penyimpanan disk dan juga bandwidth, yang semakin lama semakin murah. Inilah yang kemudian memicu revolusi digital yang merubah cara pandang pengusaha dalam mencari revenue.

Ketika sebuah produk telah menjadi komoditi yang “terlalu murah untuk dihargai”, maka kita tidak lagi bisa mengandalkan harga produk sebagai sumber revenue kita. Harga sangat terkait dengan kelangkaan, sementara yang kita hadapi adalah keberlimpahan.

Gratis? Dari Mana Uangnya?
Menjalankan usaha memang tetap harus berorientasi pada profit, yang sumber nya adalah revenue dikurangi cost. Model bisnis gratis pada dasarnya melakukan kreatifitas pada sumber revenue, bukan menghilangkan revenue. Jika semula revenue semata dari harga jual, maka dengan prinsip keberlimpahan, kita coba mencari revenue dari sumber lain. Beberapa model bisnis yang ada adalah:

Subsidi Silang Langsung
Ini model generasi pertama. Revenue dari sumber lain memberikan subsidi silang untuk item yang sengaja dibuat lost. Misalnya, gratis handphone, tapi bayar talktime. Gratis antenna parabola, bayar biaya langganan. Gratis software, bayar hardware. Dsb. Termasuk model bisnis yang digunakan Canonical yang membagikan OS Ubuntu Linux secara gratis. Software nya memang gratis, tapi jika perusahaan kemudian butuh jasa konsultasi, training dan implementasi Ubuntu resmi dari Canonical, perusahaan tersebut harus membayar mahal.

Subsidi Pihak Ketiga
Ini model bisnis yang digunakan Radio, TV dan Majalah Gratis. Pelanggan gratis, tapi pemasang iklan bayar. Digunakan juga oleh penerbit kartu kredit yang menggratiskan iuran, tapi memberikan charge yang mahal ke merchant. Diskotik juga menjadi pelopor model ini melalui program “ladies night”. Gratis untuk pengunjung wanita, tapi pengunjung pria membayar.

Freemium
Ini model yang sering digunakan perusahaan konsultan dan teknologi informasi. Gratis untuk versi yang generic, tapi membayar untuk versi premium. Bisa juga divariasikan dengan modul. Untuk modul terbatas gratis, modul yang lebih lengkap bayar. Gratis untuk konsultasi awal, bayar untuk jasa konsultasi yang lebih lengkap. Gratis untuk overview seminar, bayar untuk training yang lebih lengkap.

Nonmonetary
Ini yang 100% gratis. Jasa yang diberikan sama sekali gratis. Imbalan yang diterima penyedia jasa adalah perhatian dan reputasi. Dan dengan reputasi yang semakin meningkat, dikenal dimana-mana, banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendatangkan revenue. Musisi yang memberikan karya nya secara gratis dan memperoleh reputasi dan perhatian, dapat menghasilkan revenue dari konser-konser ataupun penjualan merchandise nya.

Sebelum Menggratiskan Jualan Anda
Oke … oke, mungkin kedengarannya masih menakutkan untuk menggratiskan begitu saja jualan Anda. Memang ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda menggratiskan jualan Anda:

Pertama, Sesuaikan dengan model bisnis yg ada sekarang. Anda harus analisa baik-baik dari mana sumber revenue Anda. Secara umum menggratiskan jualan Anda dimaksudkan untuk memperbesar revenue, bukan mengurangi revenue. Kalau Anda jualan baju dan membagi-bagikan begitu saja produk terbaru Anda, sulit dibayangkan untuk mendapat revenue yang lebih besar. Tapi jika Anda member subsidi pada asesoris dan membagikan gratis sebagai gimmick untuk memperoleh pelanggan yang lebih banyak, jauh lebih masuk akal. Atau mungkin yang bisa digratiskan adalah catalog, newsletter atau buku kecil tentang bagaimana memanfaatkan produk Anda secara maksimal.

Kedua, gratis akan efektif jika sifatnya masal, melibatkan crowd yang besar. Karena dengan biaya yang sudah ditetapkan, maka semakin besar pelanggan terlibat, biaya per pelanggan akan semakin kecil hingga nyaris nol. Membagikan software gratis kepada 100 orang atau 1 juta orang akan sangat berbeda. Maka Canonical dengan Ubuntu nya rajin mengirim CD gratis. Dalam ekonomi digital eksistensi produk kita di pasar akan sangat tergantung pada atensi dan reputasi. Gratis adalah senjata untuk mencapai dua hal tersebut.

Saya menutup buka bersama dengan pengusaha senior yang saya ceritakan di depan dengan perasaan puas. Beliau menceritakan dengan detil “resep rahasia” menggratiskan layanan IT beliau, dan tetap memperoleh revenue dari tempat lain. Sebelum kami berpisah, beliau mengucapkan kalimat: “Oh ya, kalau semua sudah gratis, gratis pun jadi kuno. Harusnya pelanggan gak usah bayar, malah dibayar!” Waduh …. (FR)


Refrensi :http://tangandiatas.com

Sukses Membuka Usaha Warung Kopi

Senin, 01 November 2010


Anda ingin memiliki usaha pribadi? Cobalah, membuka sebuah usaha warung kopi. Kenapa usaha warung kopi?

Oke, Anda pasti tahu bahwa saat ini kopi bukan lagi sekadar minuman pemuas lidah. Kopi kini sudah menjadi bagian sebuah produk budaya dengan ditandai oleh tren meminum kopi pada masyarakat urban.

Bagi masyarakat urban, ritual minum kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Mereka biasa membicarakan pekerjaan, transaksi bisnis, kontrak kerja, proyek kerja, diskusi, dan lain sebagainya, di warung-warung kopi.

Tidak harus soal kerja, masyarakat urban suka melepas penat dan lelah dengan menikmati seruputan kopi di kafe-kafe atau lobi-lobi hotel. Bahkan, tak jarang para sastrawan dan pekerja media menemukan seribu ide saat bersantai di warung kopi!

Mungkin Anda mengira, bahwa usaha warung kopi Anda akan kalah bersaing dengan kafe-kafe yang berkelas. Anda tak perlu khawatir, tidak semua masyarakat urban menyukai tempat-tempat yang melulu berkelas. Barangkali sesekali mereka bisa minum kopi di tempat-tempat berkelas. Tapi terkadang harga yang terlalu tinggi bisa membuat jebol kantong semua orang.

Nah, supaya bisa bersaing, beri harga kopi di warung Anda dengan harga yang terjangkau oleh segala kalangan. Terkadang, harga di tempat berkelas dipatok mahal hanya karena kafe-kafe itu sudah memiliki label internasional. Namun, murah bukan berarti murahan. Anda harus tetap menjaga kualitas dan kebersihan usaha warung kopi Anda.

Jika Anda masih ragu membuka usaha warung kopi dan menginginkan alasan lain untuk memperkuat niat Anda membuka usaha warung kopi, silakan Anda membaca tulisan berikut ini.

Beberapa Fakta tentang Kopi
Dalam banyak penelitian, kopi mampu mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 50%. Para peneliti menduga, hal itu disebabkan oleh asam klorogenik di dalam kopi yang berperan memperlambat penyerapan gula dalam pencernaan. Asam klorogenik merangsang pembentukan GLP-1, yakni zat kimia yang meningkatkan insulin. Selain itu, di dalam kopi juga terkandung zat trigonelin (pro vitamin B3) yang diduga mampu membantu memerlambat penyerapan glukosa. Tapi ingat, jangan memakai gula yang berlebihan sebagai campurannya.
Kafein dalam kopi diduga mampu memberi dampak positif kepada peminumnya. Meminum kopi yang tidak melebihi tiga gelas sehari dapat membuat tubuh terasa segar, bergairah, daya pikir lebih cepat, tidak mudah lelah ataupun mengantuk. Penikmat kopi percaya bahwa kopi dapat menstimulus susunan saraf pusat (otak) menjadi lebih bersemangat dan meningkatkan gairah kerja.
Selain urusan gaya hidup, banyak wanita menjadikan kopi sebagai cara diet untuk menunda lapar di pagi hari.

Namun perlu diingat, kopi juga memiliki efek negatif. Kafein dalam kopi adalah stimulan yang mengakibatkan candu. Ia juga memengaruhi sistem kardiovaskuler, seperti peningkatan detak jantung dan tekanan darah. Dampak negatif itu muncul akan muncul bila seseorang mengkonsumsinya secara berlebihan.

Nah, tunggu apalagi, silakan Anda segera memulai usaha warung kopi.

Refrensi :Aniahira.com

Tips Sukses Usaha Bimbel

Usaha bimbel- Banyaknya orang tua yang menginginkan anak – anaknya cerdas dan pintar, mendorong para orang tua memberikan anak – anak mereka les tambahan diluar jam sekolah. Hal ini menjadi peluang usaha bagi par pelaku bisnis maupun para pendidik. Apabila kita mempunyai kemampuan  di bidang ilmu pengetahuan yang bagus serta bisa sabar dalam menghadapi anak – anak, tidak menutup kemungkinan bagi kita untuk menangkap peluang usaha tersebut.

Bisnis bimbingan belajar telah berkembang sejak lama, bisnis ini manjadi salah satu bisnis yang tidak pernah mati. Bahkan, kini banyak lembaga bimbingan belajar yang berkembang menjadi franchise. Sasaran pengguna jasa dari usaha ini cukup beragam, mulai dari anak SD hingga SMA. Baik bimbingan belajar secara regular ataupun bimbingan belajar program musiman yang biasanya dipersiapkan untuk menghadapi ujian semester ataupun kelulusan dan ujian masuk sekolah ke tingkat selanjutnya.

Bisnis ini termasuk mudah, karena hanyalah mengandalkan kemampuan kita dalam ilmu pengetahuan dan ilmu mendidik anak. Untuk memulai bisnis ini, berikut kami berikan beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum memulai usaha bimbingan belajar.
  1. Kemampuan mendidik anak – anaka atau remaaj ( tergantung tingkatan pndidiknya ), menjadi modal utama dari bisnis ini.
  2. Kemampuan mencari tenaga pendidik yang sesuai dengan bidang pelajaran masing – masing.
  3. Menguasai materi – materi pelajaan dasar, seperti matematika dan ilmu exact lainnya.
  4. Megajarkan materi bimbingan yang tidak jauh berbeda dengan materi yang akan diujikan.
  5. Mengatur jadwal bimbingan belajar yang sesuai, baik untuk murid maupun untuk tenaga pengajar.
  6. Membuat modul pengajaran untuk setiap paket bimbingan belajar.
  7. Kemampuan bekerjasama dan berkoordinasi dengan tenaga pengajar dan tenaga pembantu lainnya.
  8. Mempunyai bangunan dengan banyak ruangan atau kelas untuk proses belajar – mengajar, administrasi, ruang tamu / ruang tunggu, kamar mandi, dan lahan parkir.
  9. Inventaris kelengkapann belajar juga harus tersedia, seperti kursi, meja, dan whiteboard.
  10. Modal untuk kegiatan operasional, diantaranya buku modul, ATK serta gaji pengajar dan  tenaga pembantu lainnya seperti bagian administrasi dan keuangan, serta bagian kebersihan.
Bila semua telah terpenuhi, maka tahapan selanjutnya adalah strategi pemasaran yang harus dipikirkan. Untuk memperoleh hasil bimbingan yang berkualitas, carilah pengajar dari sumber yang terpercaya kualitasnya, misalnya saja para mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di perguruan tinggi. Selain pengajar yang berkualitas, tempat yang strategis juga sangat berperan penting bagi bisnis tersebut. SDM, dan tempat yang strategis juga harus didukung dengan fasilitas lengkap serta urusan administrasi yang jelas. Dengan kualitas yang bagus, maka promosi pemasaran yang dilaksanakan juga tidak akan susah dilakukan. Dengan menjalin kerjasama dengan sekolah – sekolah yang ada di sekitar, menjadi salah satu cara promosi yang efektif selain membagikan brosur, pamflet, serta membuat program – program khusus potongan harga. Dengan begitu sukses dengan menjalani bisnis jasa bimbingan belajar tidaklah sulit diraih lagi. Berbisnis jasa, bisnis sepanjang masa. Salam sukses selalu untuk usaha yang dijalankan.(bisnisukm)

Peluang Usaha - Salon Khusus Wanita

Usaha salon memang sudah mendarah daging di keluarga Nur Indah, yang akrab dipanggil mbak Ani ini. Dari sang ibu yang pintar merias, terlahir 6 bersaudara yang keempat anaknya membuka usaha salon kecantikan, termasuk mbak Ani juga. Sejak masih ada dibangku SMP kelas 3, ia sudah membantu kakak-kakaknya di usaha salon milik keluarganya. Dan saat menginjak bangku SMA ia sudah pandai memotong rambut pelanggan yang datang ke salon.
Memang, jiwa seni akan hal tersebut telah menjadi bakat dan sudah mengalir dalam tubuhnya semenjak kecil. Setelah lulus SMA, beberapa kursus mulai ia ikuti guna menambah keahliannya. Dan setelah menikah, mulailah dibangun usaha salon kecantikan miliknya, tepatnya pada tahun 1998 dengan nama “Jelita”.
Harga & Jenis Layanan
Produk yang ditawarkan salon Jelita bisa dibilang lengkap mulai dari perawatan rambut, perawatan wajah, perawatan badan, serta perawatan tangan dan kaki juga refleksi. Untuk perawatan rambut harga yang dipatok 10.000 rupiah untuk layanan gunting dan cuci blow hingga 250.000 rupiah seperti untuk rebonding.
Perawatan wajah berkisar antara 25.000 sampai 50.000 rupiah. Perawatan badan seharga 30.000 sampai 130.000 rupiah. Sedangkan perawatan untuk tangan dan kaki berkisar 30.000 rupiah. Salon Jelita juga menyediakan paket “treatment” yang merupakan paket perawatan lengkap dari rangkaian jenis perawatan diatas dari harga 80.000 sampai 115.000 rupiah.
Salon Jelita memasang tarif mahasiswa, seperti kebanyakan salon lainnya. Salon Jelita hampir tidak pernah libur walaupun tanggal merah. Tempat usahanya berada dirumah sendiri, memanfaatkan sebagian ruangan rumahnya dan tenaganya (kapster) tidur di dalam. Dengan memakai tenaga kapster 2 orang mbak Ani menjalankan usaha ini.
Peralatan & Bahan

Peralatan yang dipakai dalam usaha salon ini adalah gunting untuk memotong, steamer untuk memanaskan rambut saat proses creambath sehingga obat/vitamin yang dipakai pada rambut dapat cepat meresap pada akar rambut serta alat-alat lainnya seperti hair dryer, catok ikal maupun lurus, catok ion, sisir blow, sisir garpu, sisir catok, body sauna, uap muka, pemotong kuku, sikat kulit kaki, dan alat pengkilap kuku.
Bahan yang digunakan antara lain adalah cat rambut, vitamin rambut, obat untuk rebonding dari berbagai jenis dan merk dari tradisional, merk makarizo, henna, dan wella. Alat-alat kosmetik juga beragam jenisnya dari merk luar negeri seperti “maybeline” sampai buatan dalam negeri seperti “sari ayu” juga “la tulip”. Untuk perawatan badan biasanya dipakai lulur yang khusus didatangkan dari Bali dan scrub.
Pelayanan Adalah Yang Utama

Mbak Ani selalu mendidik kapsternya untuk benar-benar total dalam melayani pelanggan dari mulai mereka datang hingga hasil dari perawatan yang mereka dapatkan di salonnya. Service dan pelayanan yang memuaskan serta komunikasi yang baik kepada pelanggan selalu diperhatikan olehnya.
Ia sadar bahwa dengan begitu banyaknya salon kecantikan yang ada, ia harus pintar menarik konsumen agar tetap mau datang berkunjung ke salon miliknya, bahkan menjadi pelanggan tetapnya.
Jika ada pelanggan yang datang ke salonnya, senyum ramah dari para kapster akan menjadi jamuan pertama untuk mereka. Kemudian pelanggan akan dilayani sesuai produk yang mereka inginkan. Misalnya jika meminta crembath, pertama-tama yang dilakukan adalah pelanggan akan dikeramas. Setelah itu akan dilakukan massage dengan memakai obat selama 30 menit. Pemijatan ini meliputi kepala, leher, punggung sampai tangan. Fungsi pemijatan ini adalah agar obat dapat meresap dan bekerja ke akar rambut juga merangsang peredaran darah. Relaksasi juga menjadi imbas dari massage ini yakni jika pelanggan mengalami capek badan, ketegangan akan menjadi kendur.
Setelah itu dilakukan pemanasan dengan steamer selama kurang lebih 10 menit. Terakhir barulah rambut dikeramas lagi supaya bersih dan sisa obat tidak tinggal didalam rambut dan dikeringkan seperti biasa. Biasanya ada beberapa pelanggan yang meminta tambahan vitamin untuk rambutnya.
Wanita Berjilbab Pelanggan Utama

Hampir 80 % pelanggan dari salon Jelita ini adalah wanita berjilbab. Karena lokasi salon ini sangat dekat dengan kampus UGM dan UNY. Sebagian besar pelanggannya adalah mahasiwa dan selebihnya, ibu-ibu tetangga sekitar salon ini. Mereka mengetahui keberadaan salon ini dari teman-teman mereka dan juga brosur-brosur yang tersebar di kampus atau daerah sekitar salon Jelita.
Karena sudah sangat lama bergulat di bisnis salon, mbak Ani merasa tidak pernah ada kesulitan baik dalam menjalankan usaha salonnya ini maupun memasarkan salonnya agar menarik pelanggan untuk datang ke salonnya.
Analisa Ekonominya:

Pemasukan

Asumsi jika dalam 1 bulan ada :
15 orang gunting rambut       : 15 x Rp 10.000,00 = Rp   150.000,00
30 orang perawatan rambut     : 30 x Rp 35.000,00 = Rp 1.050.000,00
30 orang facial               : 30 x Rp 35.000,00 = Rp 1.050.000,00
10 orang perawatan badan      : 10 x Rp 50.000,00 = Rp   500.000,00
10 orang treatment            : 10 x Rp 100.000,00= Rp 1.000.000,00
Total pemasukan                                   = Rp 3.750.000,00

Pengeluaran

Obat creambath, facial,
lulur scrub dll                                   = Rp   500.000,00
Gaji pegawai                  : 2 x Rp 700.000,00 = Rp 1.400.000,00
Listrik, air dll                                  = Rp.  250.000,00
Total pengeluaran                                 = Rp 2.150.000,00

Perkiraan keuntungan

Rp 3.750.000,00 - Rp 2.150.000,00                 = Rp 1.600.000,00
(Sumber : Tim BisnisUKM)/bisnisukm.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ANDA LAGI MENCARI PELUANG USAHA DAN IDE BISNIS? KUNJUNGI PAKET TERBAIK KAMI

PAKET YANG JAUH LEBIH LENGKAP DARI PRODUK ALAMAT GROSIR LIHAT DI SINI

 
 
 
<- CLOSE

" align="middle" height="65" width="110" style="border:none;" />