Jumat, 17 Agustus 2012

Sumber Modal UMKM yang mungkin Bisa di Akses

Jika anda ingin memajukan usaha atau melipat gandakan profit, sedangkan modal anda masih kurang, tidak ada pilihan lain kecuali harus mencari modal tambahan. Walaupun sebenarnya modal terbaik dalam setiap usaha adalah dari diri sendiri, yang jadi persoalnya Jika modal secara financial tetap kurang?

Alternatif adalah mencari pinjaman modal usaha, sebaiknya jika anda ingin mencari pinjaman usaha, yang terbaik adalah ke saudara atau teman dekat. tetapi lagi-lagi jika tidak bisa ya tetap harus cari alternatif lainya.

Saat ini berbagai jenis program kredit tersedia pada bank dan BUMN.  Pada lembaga keuangan bank, umumnya menyediakan kredit untuk usaha mikro, usaha kecil untuk digunakan sebagai modal kerja dan modal investasi.

BUMN juga menyediakan kredit yang diberi nama PKBL, program kemitraan dan Bina Lingkungan.  Program Kemitraan menyediakan dan untuk usaha mikro dan kecil hingga Rp. 25 juta.

Disamping kedua sumber diatas (Kredit Bank & Program PKBL). Pelaku UMKM juga dapat memanfaatkan sumber modal dari Lembaga Keuangan Non Bank, seperti PEGADAIAN.

Ada juga lembaga keuangan non bank yang dapat diakses sebagai sumber modal yakni PNM Perusahaan Nasional Madani.  Tugas utama PNM adalah memberikan solusi pembiayaan pada Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Koperasi (UMKMK) dengan kemampuan yang ada berdasarkan kelayakan usaha serta prinsip ekonomi pasar

di antara program -progarm yang mungkin bisa di akses adalah.

1. Program PKBL BUMN, Program Kemitraan dan Bina Lingkungan
2. Program Kredit dari Lembaga Keuangan BANK
3. Program Pinjaman dari Lembaga Keuangan Non Bank : PEGADAIAN
4. Program Pinjaman dari LKNB : PNM, Permodalan Nasional Madani

Itulah gambaran jika anda kesulitan dalam pendanaan setiap kali ingin mengembangkan usaha lebih besar lagi, lembaga-lembga tersebut juga bisa di jadikan alteratif..

Semoga bermanfaat.
loading...

0 comments:

Terimakasi atas kunjunganya, Silahkan tinggalkan pesan..
Komentar Anda sangat berarti bagi kami