Senin, 04 Juni 2012

Contoh Proposal Usaha Cuci Mobil

Kali ini saya ingin memposting Contoh proposal usaha cuci mobil - dalam memulai bisnis tentunya sebuah proposal usaha sangat diperlukan. proposal itu sendiri merupakan sebuah sarana untuk memperjelas sebuah rencana bisnis yang dituangkan dalam tulisan yang sistematis.
Proposal usaha adalah sebuah langkah awal bagi Anda para pengusaha atau calon pengusaha untuk memulainya. Tentunya dalam hal ini adalah usaha cuci mobil.

di bawah ini saya memaparkan sebuah contoh proposal usaha cuci mobil yang bisa Anda tiru. Silahkan Anda baca, dan langsung buat proposalnya, kreasikan sesuai kebutuhan anda:

A. PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Berdasarkan berita di Tempo per tanggal 5 Mei 2008 ternyata kenaikan pejualan mobil meningkat dari bulan Maret 2008 ke bulan April 2008 sebesar 10,8 % atau sebanyak 542.448 unit motor diseluruh Indonesia. 
Jumlah yang lumayan banyak bukan. Tapi itu hanya motor roda dua merek Honda saja dan belum di jumlahkan dengan merek lainnya seperti toyota, Suzuki dll. 

Jadi dapat anda bayangkan ternyata disaat ini dimana banyak orang bilang keadaan ekonomi Indonesia semakin sulit karena kenaikan harga minyak dunia dilain pihak ternyata semakin banyak orang yang sanggup membeli barang yang tergolong sekunder atau bukan kebutuhan pokok ini. Hal ini salah satunya karena dipicu oleh kenaikan harga komoditi beras dipasar internasional.

Apa artinya hal ini? Ini berarti salah satu peluang usaha dan peluang bisnis yang berkaitan dengan kendaraan roda empat ini juga semakin terbuka lebar yakni perlengkapan mobil.
Dalam rangka memanfaatkan peluang ini, penulis mencoba mendirikan sebuah usaha cuci steam mobil yang diberi nama “kinclong”
2. Tujuan
Tujuan dari usaha ini adalah:
  1. Dapat melakukan usaha cuci steam dengan baik dan memberikan manfaat yang besar.
  2. Dapat memasarkan usaha cuci steam ini dengan baik.
  3. Dapat menjaga kelangsungan usaha dan mengembangkannya.

B. ASPEK PASAR DAN PEMASARAN
1. Pemasaran
Pangsa pasar ini sangatlah jelas yakni para pengguna mobil, tapi untuk promosi bulan pertam akan memberikan potongan harga sampai setengahnya, dan menargetkan sekitar 50 mobil dalam minggu pertama dan lebih dari 70 mobil pada minggu-minggu berikutnya.
2. Produk
Sebagai ilustrasi, harga cuci mobi Rp 25.000,-. Kita bisa menambahkan semir ban sebagai nilai tambah tanpa biaya tambahan.
3. Strategi Pemasaran
Melakukan pemasaran secara langsung dengan pamflet, maupun hanya dari mulut ke mulut.
4. Prospek Pasar Dan Pemasarannya
Seluruh  komplek di perumahan dasana indah.
5. Keunggulan
Yang menjadikan salon mobil ini menjadi plus ialah salon mobil yangakan dibuat ini menggunakan mesin SNOW WASH, performa karyawan yang baik dan menarik, dan sistem kerja yg efisien. Salon mobil plus ini beda dengan tempat pencucian mobil lainnya, karena ada :
• Mini market atau mini kafe.
• Fasilitas kupon bonus untuk konsumen yang sering menggunakan

C. ASPEK SDM
Untuk pegawai, tidaklah terlau sulit mencarinya karena tidak diperlukan keahlian khusus. Tetapi meskipun demikian, harus kita memilih karyawan yang mau bekerja keras dan tidak malas. Sebagai imbalan, bisa kita memberikan gaji, atau upah per mobil dan yang selesai dicuci.

D. ASPEK PERALATAN DAN PERLENGKAPAN
1. Letak Lokasi
Berada di dekat tempat pemukiman penduduk, didepan komplek
perumahan, berada dipinggir jalan utama.
2. Standar Kebutuhan Ruang
Luas ruang: (lebar) 40m x (panjang) 70m
3. Asumsi kebutuhan ruang:
- Tempat pencucian
- Tempat pengeringan
- Ruang tunggu
Peralatan-peralatan salon motor yang harus disediakan adalah sebagai berikut :
  1. Satu kompresor
  2. Satu mesin air untuk steam
  3. Satu mesin steam system snow wash (busa salju)
  4. Vacuum cleaner
  5. Bak penampungan air
  6. Seragam karyawan
  7. Media promosi
  8. Instalasi ruangan
  9. Peralatan mencuci :
  • Sikat
  •  Kanebo
  •  Kuas kecil & besar
  • Kain bol
  • sabun Busa
E. ASPEK MANAJEMEN
  • Penyusunan tim kerja
  • Pimpinan proyek
  •  Sistem dan keuangan
  •  Lapangan / pembelanjaan
  •  Pemasaran

F. ASPEK KEUANGAN
1.Kebutuhan dana untuk investasi : Rp 33.000.000,-
2.Modal Kerja : Rp 42.711.000,-
3.Penggunaan Dana per bulan :
Operasional : Rp 500.000,-
Gaji Karyawan : Rp 700.000,-
Kalkulasi biaya :
Listrik, Air & Telp. : Rp 1000.000,-
Pembelian Bahan : Rp 150.000,-
Gaji Karyawan : Rp 700.000,-
Total Pengeluaran per bulan : Rp. 1.850.000,-
Proyeksi Pendapatan : Rp 5.000.000,-

Inti dari langkah-langkah pembuatan proposal:
Intinya dalam membuat proposal usaha cuci mobil haruslah mengandung beberapa komponen didalammnya. Komponen itu adalah:

a. Profil Usaha
Dalam profil usaha ini Anda harus mencantumkan nama usaha Anda dan menyebutkan alasan-alasan mengapa Anda memilih nama itu, kemudian Anda juga harus mencantumkan layanan-layanan yang ada dalam usaha Anda dan keunggulan-keunggulan usaha Anda yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain yang sejenis. Selain itu, Anda juga bisa mencantumkan bagaimana strategi pengelolaan dan marketing yang Anda gunakan untuk mendapatkan keuntungan.
b. Lokasi atau Tempat
Anda harus mencantumkan alamat lokasi Anda  dan Anda juga menjelaskan situasi dan kondisi lingkungan tempat Anda membuka usaha cuci mobil itu.
c. Sumber Daya Manusia
Cantumkan juga orang-orang yang akan mengelola usaha cuci mobil Anda itu, kemudian Anda juga harus memposisikan mereka sesuai dengan kemampuan dan kompetensi yang mereka miliki agar nantinya usaha Anda bisa memberikan hasil yang baik dan pelayanan yang memuaskan untuk para pelanggan Anda.
d. Rincian peralatan dan Rencana permodalan
Anda harus mencantumkan rincian biaya dan analisis usaha yang akan Anda terima. Dengan begitu, rencana usaha Anda menjadi jelas dan pembaca proposal akan cepat memahaminya.
e. Pembagian Keuntungan
Jika Anda melakukan sebuah kerjasama dengan investor, Anda harus mencantumkan rencana pembagian keuntungan. Biasanya sih pembagiannya yaitu 50:50, namun ada juga yang 60:40. Semua tergantung kesepekatan yang Anda sepakati bersama dengan investor Anda.
Semoga informasi tentang contoh proposal usaha cuci mobil ini bisa bermanfaat untuk Anda, karena saya menyajika informasi ini supaya ada manfaatnya. Sekian dulu artikal saya, selamat memanfaatkan peluang usaha cuci mobil dan sukses selalu untuk Anda.

INGIN LANGSUNG USAHA? SEGERA ACTION ATAU INGIN TAHU RAHASIA PARA TENGKULAK LIHAT DI SINI

Semoga Bermanfaat

Refrensi:
Gambar https://encrypted-tbn1.google.com/images?q=tbn:ANd9GcQIF7dpE6114uWVXRn68jkBHr4j-9b5j50dxLaVOiK4Mv6QYOMt
ujangtoha.com
loading...

4 komentar:

  1. mantap euy contoh proposalnya.......!!!

    BalasHapus
  2. Terimakasih mbak atas kunjungnya..semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  3. saya ikutan y mbak,.! saya tertarik untuk memajukan usaha saya yg sudah saya bina selama 5 th ini belum ada perkembangan karna kurangnya sarana alat dan tempat belum memadai

    BalasHapus
  4. Assalamu'alaikum wr wb,
    Salam wirausaha bagi sahabat semua, peluang usaha cuci motor atau mobil salju dan menggunakan lift hidrolik ini masih terbuka lebar, terutama di daerah-daerah yang belum terlalu banyak yang membuka usaha cuci motor/mobil.
    Kami CV. Automega Automotive Equipment yang bergerak khusus di bidang supply dan distributor peralatan cuci mobil (otomatis dan non otomatis) dan motor terlengkap, menawarkan beberapa paket usaha kepada anda para calon pengusaha ataupun yang sudah memiliki usaha ini dan berkeinginan untuk mengembangkannya di seluruh indonesia, bahkan dunia kami layani. Anda dapat memilih paket apa yang paling cocok untuk anda. Kami melayani mulai dari paket hemat sampai paket super sesuai kebutuhan anda, dan juga kami menyediakan peralatan cuci mobil yang bisa anda beli secara retail (non paket). Kami juga memberikan GARANSI Service 2 Tahun.
    Dengan mengedepankan kualitas produk dan kepuasan pelanggan adalah hal yang terpenting, kami siap mewujudkan dan mengembangkan usaha anda. Juga layanan after sales yang berkelanjutan sehingga akan menciptakan hubungan bisnis yang berkelanjutan

    untuk informasi selengkapnya hubungi :
    Teguh Pramono
    call/sms : 0896 2330 2716
    pin BB : 7670A87B
    email : teguh@automega.co.id
    www.automega.co.id

    atau bisa datang ke showroom kami di :
    AUTOMEGA Automotive Equipment
    Jl. Pusdiklat Depnaker No. 1 A - 1 B
    Pinang Ranti Jakarta Timur, Indonesia
    Poscode 13570

    BalasHapus

Terimakasi atas kunjunganya, Silahkan tinggalkan pesan..
Komentar Anda sangat berarti bagi kami