ASSALAMUALAIKUM...SELAMAT DATANG DI BLOG PROPOSAL USAHA...SILAHKAN NIKMATI LAYANAN KAMI BERBAGAI MACAM PROPOSAL USAHA DAN INFO BISNIS..."JADIKAN HIDUP KITA LEBIH BERMAKNA DENGAN BERBAGI"...SEMOGA BERMANFAAT. :)

Peluang Usaha - Rental Mobil Bisnis Masa Kini

Rabu, 13 Oktober 2010

Peluang Usaha - Rental Mobil Bisnis Masa Kini, Sebenarnya bisnis rental mobil rumahan ini sudah banyak di masyarakat, jadi mereka yang memiliki mobil niaga berkapasitas penumpang banyak, (misalnya xenia, avanza, panther, kijang dan sebagainya) juga menerima carteran pada hari-hari tertentu.

Beli mobil tanpa perlu mengangsur.

Dengan menjalankan usaha rental mobil rumahan ini, bisa dibilang Anda membeli mobil hanya keluar DP, tanpa perlu mengangsur. Begini misalnya, Anda membeli mobil Xenia yang standard (ada AC, tape), DP 15-20 jt, dengan tenor 3 tahun, angsuran Anda sekitar 3 jt per bulan.

Dari situ berarti tiap bulan Anda tinggal mengangsur 3 jt, asumsi harga sewa sekitar 300rb tanpa sopir, dan 400rb dengan sopir per hari, maka tiap bulan mobil Anda hanya harus "bekerja" 10 hari. yang 20 hari bisa dipakai sendiri, Dalam 1 bulan, rata-rata disewa 15-20 hari.

Pemilihan jenis mobil

Ini berdasarkan survey  mobil yang paling laku disewa adalah xenia dan avanza, kalau menggunakan APV, penyewa banyak yang ndak mau, ada yang bilang karena kemudinya tegak seperti truk, kalau xenia dan avanza nyetirnya seperti sedan. Kalu kijang, boros di bensin apalagi yang innova, panther banyak yang tidak suka bau solarnya.

Dilihat dari sisi jumlah penumpang, xenia dan avanza meski dari luar kelihatannya kecil, tetapi diisi 7 orang masih muat, sama dengan mobil-mobil diatas. malah karena kecil itu, banyak yang suka karena lincah.

Kenapa xenia?
sebenarnya yang paling banyak dicari adalah avanza, tetapi xenia dan avanza harganya beda jauh sekali, sedangkan tarif sewanya cuma selisih 50rb. sedangkan penyewa kalau mencari avanza, tetapi anda adanya xenia, hampir bisa dipastikan mereka mau saja.

kenapa harus baru?
sbenarnya tidak harus baru, jika anda sudah ada mobil di rumah, anda bisa menggunakan mobil anda itu, tetapi jika harus membeli, maka saya sarankan sebaiknya baru saja, karena mobil baru dalam 3 tahun pertama tidak memerlukan perawatan besar. kedua, pihak asuransi akan lebih suka jika kliennya adalah mobil baru. ketiga, penyewa pastinya lebih memilih mobil baru. dan meski harganya lebih mahal yang baru, tetapi anda akan mendapatkan fasilitas kredit jika membeli mobil baru.

Keamanan mobil.

Ini penting sekali untuk menjaga aset Anda, apalagi jika anda menggunakan sistem sewa tanpa sopir :

  • Pertama, anda harus menggunakan asuransi all risk, jadi segala resiko akan dicover asuransi, Anda bisa menkonsultasikan dengan agen asuransi, meski keluar biaya lebih banyak, tetapi yang penting aset Anda aman.
  • Kedua, pasang GPS, saat ini banyak sekali dijual GPS untuk mobil, jadi bentuknya seperti kotak kecil, bisa ditaruh di tempat tersembunyi dalam mobil Anda, setelah itu dari depan komputer anda dirumah anda bisa melihat kemanapun mobil anda dibawa pergi, bahkan ada yang memiliki fitur record log, yaitu semua perjalanan dicatat, mulai dari rute, waktu, dan sebagainya. alat ini dijual dipasaran dengan harga 2-4juta.
  • Ketiga, hindari sewa perorangan dalam jangka waktu lama. Banyak kejadian mobil anda disewa lama, ternyata oleh penyewa, mobil anda digadaikan, atau kadang disewakan lagi ke orang lain dengan tarif diatas tarif Anda.untuk menjaga hal ini bisa dilakukan dari pengamatan melalui GPS, misal di GPS terlihat mobil ada di kota Bandung, tetapi penyewa anda hubungi mengatakan mobil ada di semarang, ini bisa segera ditindaklanjuti.
Sistem pemasaran

Sebenarnya hal ini sangat mudah, anda tidak akan mengalami kesulitan dalam memasarkan mobil anda, ini karena banyak sekali orang yang berminat menyewa mobil, sedangkan mobil sewaan tidak banyak jumlahnya, ditambah lagi jika mobil anda baru, pasti banyak sekali yang berminat menyewanya.

Anda bisa juga menerapakn strategi ini, yaitu beritahu semua teman kantor anda, rekan kerja, tetangga, kenalan dan sebagainya tentang rental anda itu, taruh brosur di tempat usaha anda, atau jika perlu anda bisa beriklan di radio kota anda.

Tetapi jika mobil anda hanya satu, sebenarnya anda tidak perlu melakukan itu, saya yakin dari pemasaran mulut ke mulut saja anda pasti sudah akan kesulitan menolak permintaan sewa.

Peluang lain

Saat ini banyak sekali perusahaan yang berminat menyewa kendaraan, jika Anda memutuskan menyewakan kepada mereka, sebaiknya Anda memiliki lebih dari satu kendaraan sewa sejenis, dan pilihlah perusahaan yang besar, misalkan provider komunikasi, perbankan dsb..

keuntungan disewa perusahaan adalah mereka menyewa dalam jangka waktu lama (+/- 3 bulan per periode), tetapi kekurangannya ada juga, antara lain harga sewa lebih rendah, misal anda menyewakan pada orang langsung 300rb tanpa sopir, maka di perusahaan biasanya sekitar 200rb per hari. yang kedua, jika mobil anda rusak, maka anda hari itu juga harus mengirimkan mobil pengganti, oleh sebab itu sebaiknya anda memiliki lebih dari 1 mobil sewa.

Di mana keuntungannya?

Jika dalam sebulan selama 3 tahun anda hanya bisa menyewakan 10 hari per bulan, maka anda hanya akan bisa menutup angsuran bulannanya, nah, kalau seperti itu keadaannya, maka pada akhir masa angsuran, anda akan memiliki mobil itu sepenuhnya, dengan asumsi harga jual xenia dalam 3 tahun kedepan masih sekitar 75-85jt, dikurangi DP 20jt = +/- 60jt, atau 20jt per tahun, itu berarti sekitar 1,6jt / bln. lumayan kan?

belum lagi dalam waktu 3 tahun itu bisa dibilang anda memiliki mobil pribadi, sekaligus juga memiliki perusahaan rental mobil... keren juga... :D
bagi rekan-rekan yang belum memiliki mobil, ini bisa dibilang sangat menarik, apalagi bagi yang belum menikah, harga diri anda akan meningkat drastis dimata calon mertua Anda. hehehehe...

Oke, bagi yang berminat membuka usaha ini mari kita berdiskusi dengan berkomentar dibawah sini, mungkin ada beberapa point yang lupa saya sampaikan dalam paparan saya diatas.

SILAHKAN KLUNJUNGI;
PELUANG USAHA- GROSIR BAJU 5000 LANGSUNG DARI PABRIK
Refrnsi: peluangusaha.web.id

6 comments:

blog jaja mengatakan...

makasih ya mas saya merasa terbantu atas artikelnya

Ibnu hajar mengatakan...

Iya sama-sama mas.. terimakasih juga atas kunjunganya.. semoga bermanfaat.

Rika Herlina mengatakan...

Permisi pak,,
saya mau mengajukan mobil saya ke perusahaan..dan perusahaan meminta proposal...
kira2 bagaimana pak contoh proposal tsb?

Ibnu hajar mengatakan...

Kepada ibu rika.
sebenarnya membuat proposal formatnya kurang lebih..satu usaha dg usaha yang lain, tinggal isi nya sesuaikan dengan kebutuhan. kl rental mobil sebaiknya sampaikan saja berapa jumlah armada ibu, harga berapa per kali sewa dll, biasanya kl utk perusahaan harga sedikit agak di murahkan di banding reguler, tetapi tingkat keamanan lebih bagus.

Saat ini kami belum buatkan contoh proposalnya, tapi jka ada nantinya akan saya posting atau memberikan link downloads.
Terimakasih atas kunjunganya. semoga bermanfaat.

wine2818 mengatakan...

Selamat siang sya Ahmad, saya punya mobil All new Xenia yang saya taruh d Rental dan akhir2 ini sya tidak bsa pantau dan orang nya selalu alasan saja untuk perbaiki GPS nya, mohon bantuan nya bagaimana menangani orang seperti ini? dan kira2 mobil saya apa masaih selamat ya? trims

rental mobil malang mengatakan...

artikelnya memberi ide saya untuk membuat proposal, thanks ya

Poskan Komentar

Terimakasi atas kunjunganya, Silahkan tinggalkan pesan..
Komentar Anda sangat berarti bagi kami

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ANDA LAGI MENCARI PELUANG USAHA DAN IDE BISNIS? KUNJUNGI PAKET TERBAIK KAMI

PAKET YANG JAUH LEBIH LENGKAP DARI PRODUK ALAMAT GROSIR LIHAT DI SINI

 
 
 
<- CLOSE

" align="middle" height="65" width="110" style="border:none;" />