ASSALAMUALAIKUM...SELAMAT DATANG DI BLOG PROPOSAL USAHA...MEMBERIKAN INFO PELUANG USAHA.. DI PERCAYA SEJAK 2010..SEMOGA BERMANFAAT. :)

Peluang usaha pakaian Lebaran

Rabu, 23 Juni 2010

Sebentar lagi datang bulan ramadhan, yang artinya saat ramadhan tiba, masyarakat muslim akan siap-siap menyambut hari raya idul fitri, dengan demikian peluang usaha di hari raya idul fitri sangat besar khususnya jual pakaian. baik pakaian anak-anak atau pakaian orang dewasa.

Moment hari raya idul fitri paling tepat pelung usaha pakaian muslim, dari jilbab, baju koko dan lain lain. usaha paikaian lebaran sangat berpeluang besar, karena umat islam pada umunya mengekspresikan perayaan dengan berbusana cantik, atau dengan berpakaian baru.

Peluang busana muslim ini juga sangat jelas pada saat menyambut bulan puasa atau lebaran, karena ummat muslim di negeri ini sangat besar atau sebagai mayoritas. jika anda ingin mencari ide peluang usaha pada moment lebaran, jelas saya rekomendasikan usaha pakaian atau busana muslim.
selaat mencoba usaha pakaian dalam menyambut bulan puasa atau idul fitri yang sebentar lagi datang menghampiri kita.
selamat mencoba..

Refrensi :gambar:http://www.eramuslim.com/fckfiles/Image/pic6%2829%29.jpg

Peluang Usaha Lidah Buaya

Selasa, 22 Juni 2010

Salah satu industri pengolahan hasil pertanian yang sekarang ini sedang marak dikembangkan adalah industri pengolahan komoditas lidah buaya.

Komoditas lidah buaya adalah salah satu peluang investasi di sektor pertanian, khususnya tanaman pangan hortikultura yang sangat prospek untuk dikembangkan karena permintaan pasar terhadap komoditas tersebut semakin meningkat. pusat penelitian lidah buaya di indonesia ada di kota pontianak propinsi Kalimantan Barat

Pengembangan agribisnis lidah buaya memiliki prospek sangat bagus dilihat dari segi keterlibatan masyarakat dan manfaat yang ditimbulkannya, antara lain:
(1) Cara pembudidayaan lidah buaya relatif mudah;
(2) Mendorong tumbuhnya industri pedesaan baik sektor hulu maupun sektor hilir, sehingga dapat memperluas lapangan kerja di pedesaan;
(3) Penganeka-ragaman produknya sangat beragam dari mulai makanan dan minuman, bahan baku kosmetika, dan bahan baku obat-obatan;
(4) Nilai tambah produk hilirnya cukup besar;
(5) Permintaan produk olahannya mempunyai pasar yang bagus.

Pengembangan agribisnis lidah buaya di Indonesia terpusat di Pontianak Propinsi Kalimantan Barat. Lidah buaya juga banyak diusahakan di Pulau Jawa, tetapi skala usahanya relatif sempit dan lokasinya terpencar.

Pengembangan lidah buaya di Jawa Barat berada di daerah Bogor dan Parung. Lidah buaya di daerah tersebut dibudidayakan secara organik. Hasil produksinya digunakan sebagai bahan baku pembuatan minuman kesehatan lidah buaya.

Potensi & Permasalahan Lidah Buaya Purworejo
Kabupaten Purworejo merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang berpotensi dalam pengembangan usaha tani lidah buaya. Pengembangan lidah buaya di Kabupaten Purworejo tepatnya di Desa Winong, Kecamatan Gebang, Kabupaten Purworejo.

Produksi dan luas lahan lidah buaya di Kecamatan Winong Kabupaten Purworejo menempati urutan pertama di Propinsi Jawa Tengah. Hal ini merupakan kenyataan yang menunjukkan betapa pentingnya peranan lidah buaya bagi ekonomi petani, kelangsungan produksi agroindustri berbasis lidah buaya.

Kebanyakan pengolahan lidah buaya menjadi minuman lidah buaya di Kabupaten Purworejo dilakukan oleh industri skala kecil yang masih menggunakan teknologi pengolahan yang cukup sederhana. Hasil akhir yang nantinya akan dijual dalam bentuk minuman kesehatan, minuman lidah buaya (nata de aloe).

Pada umumnya, pengusaha belum menjalankan usahanya tersebut berdasarkan pembukuan keuangan yang rapi, sehingga nilai keuntungan yang diperoleh masih bersifat kasar.

Oleh karena itu, kiranya perlu dilakukan analisis finansial yang lebih terinci agar pihak manajemen mengetahui omzet dan keuntungan yang sebenarnya.

Refrensi: bisnisukm.com
Gambar :http://bisnisukm.com/wp-content/uploads/2009/06/Lidah-Buaya.jpg

Kiat Promosi Bisnis Usaha Pakaian

Rabu, 16 Juni 2010

Bisnis usaha penjualan pakaian skala kecil dengan modal terbatas, harus mencari jenis barang yang cepat laku. Indikasi cepat laku adalah kalau barang itu sering berganti atau cepat habis. Bisnis usaha pakaian memang waktu lakunya lama, dibandingkan dengan jualan makanan. Oleh sebab itu ada dua alternatif hal yang dapat dipilih yaitu memilih produk pakaian yang mahal agar dapat keuntungan besar, atau memilih produk yang murah dengan keuntungan kecil, tetapi pembeli terus menerus membeli.

Mengingat keterbatasan modal, maka pilihan jatuh pada penjualan produk yang murah dengan konsekuensi putaran sediaannya harus cepat. Produk-produk yang cepat ganti dan murah, dapat meliputi daster, celana dalam, bra, dan pakaian anak. Pakaian anak sangat cepat ganti, karena anak tumbuh berkembang, begitu sudah kesempitan perlu diganti dengan baju yang baru.

Walaupun sudah memilih produk yang cepat laku, promosi tetap harus dilakukan tapi pada dasarnya promosi yang canggih tidak diperlukan. Yang penting dalam menjual harus ramah, mudah memuji ke konsumen, dan tempat diusahakan bersih. Setiap 3 hari diganti produk yang dipajang agar menimbulkan kesan laku dan memiliki variasi yang banyak. Prinsipnya promosi harus sesedikit mungkin mengeluarkan biaya, dan semua pelanggan dianggap sama. Misalnya semua harga adalah tetap, tidak boleh ditawar. Penawaran terjadi bila membeli dalam jumlah banyak. Misalnya meminta diskon 10%, bila membeli secara grosir bukan retail.

Karena usaha masih dalam skala kecil maka penjualan kredit harus dihindari, diusahakan kalau bisa cash. Memberikan kredit pada satu orang sama dengan memberikan kredit pada semua orang. Bila tidak bisa cash, berarti harus kredit dengan harga sama untuk semua orang. Selisih harga kredit dan cash tidak boleh terlalu besar, kalau terlalu besar akan diketahui oleh pelanggan, bahwa kita mengambil untung sangat besar dari penjualan kredit itu. Harga kredit besar karena mengantisipasi kalau macet karena kemungkinan macet sangat besar. Oleh karena itu administrasi harus rapi.

Usaha pakaian ini tentu memiliki prospek yang cerah, karena semua orang perlu berpakaian. Hanya persaingannya juga sangat besar. Kuncinya adalah inovasi untuk memperoleh keunggulan. Oleh karena itu, kalau membeli produk harus pada supplier yang kooperatif dan konsultatif. Disebut konsultatif, karena diharapkan pemasok/supplier dapat memberi saran produk apa yang sedang tren atau yang disukai pembeli. Kooperatif adalah bila pemasok mengijinkan kita untuk dapat menukar barang yang kurang laku dengan barang lain yang lebih cocok. Karena itu disarankan untuk memilih model, pola dan gambar pakaian yang tepat karena sangat menentukan dalam penjualan. Contohnya pola gambar dalam pakaian anak sering mengikuti film yang populer saat ini terutama film kartun. Bila tepat memilih akan cepat laku tetapi ini sangat musiman. Jadi, pandai-pandailah melihat tren sehingga produk yang Anda jual akan laris.

yang paling penting lagi dalam setiap menjalani usaha, jangan lupa berdoa, insyaalloh rezeki akan lebih mudah menghampiri, danlebih berkah, dan yaikini pula setiap pekerjaan yang di jalankan adalah bernilai ibadah.
Refrensi : Gambar http://jualkaosonline.blogdetik.com/files/2009/11/clothing.jpeg

Usaha Bisnis Air Minum Galon Isi Ulang

Minggu, 13 Juni 2010

Kepedulian masyarakat pada kesehatan yang terus meningkat ikut mengerek bisnis air minum galon isi ulang. Kebutuhannya tidak lagi hanya untuk diminum, tetapi juga untuk masak sampai mandi bayi.

Dibandingkan dengan harga air mineral yang bermerek, harganya jauh lebih murah. Segalon air mineral bermerek harganya Rp10.500 - Rp11.000, sedangkan air galon isi ulang cukup Rp3.500.

Yantje Wongso, Pemilik PT Biru Semesta Abadi perusahaan depot isi ulang, mengatakan prospek usahanya bagus, sehingga mendorong depot air minum isi ulang bertumbuh.

Sekarang ini pasarnya tetap menjanjikan karena penduduk Indonesia banyak. Apalagi naiknya harga BBM menyebabkan ongkos memasak air menjadi mahal. Masyarakat menjadi lebih suka membeli air minum isi ulang. "Murah dan kualitasnya baik," kata Yantje.

Saking banyaknya investor yang ingin menggarap peluang ini, di satu wilayah di Surabaya, depot isi ulang di sana berjejer hanya berjarak 100 meter antara satu dan lainnya. Namun, karena pasarnya masih besar, tetap saja mereka bisa berjalan.

Menurut Yantje, biasanya satu rumah tangga membutuhkan air untuk minum keperluan seminggu sebanyak satu galon. Jika air tersebut juga digunakan untuk keperluan lain, seperti memasak dan memandikan bayi, bisa membeli enam hingga tujuh galon dalam seminggu.
Dua cara usaha

Yantje mengatakan untuk membuka depot air minum isi ulang biasanya dengan dua cara, dengan membeli alat sterilisasi air, dan dengan menjadi penerima waralaba.

Alat sterilisasi biasanya dijual dengan harga Rp25 juta untuk satu perangkatnya. Airnya dibeli dengan harga Rp350.000 per satu tangki mobil .

Setelah membeli peralatan serta merenovasi gerai, investor bisa menamai depotnya sesuai dengan selera sendiri. Adapun, yang membuka depot air dengan sistem waralaba, mesti menamai gerainya sesuai dengan franchise yang dibeli investor, seperti halnya yang diterapkan Biru.

Biru menetapkan terwaralabanya untuk memiliki pabrikan penghasil air minum dan toko untuk menjual eceran air yang dihasilkan kepada konsumen, di satu lokasi. Kebutuhan investasinya Rp400 juta-Rp600 juta, termasuk sewa lokasi dan renovasi serta peralatannya.

Sementara itu, proses mensterilkan air menggunakan dua cara, yaitu melalui proses teknologi ultraviolet atau ozonisasi untuk membunuh kuman.

Semakin steril air, ujar Yantje, makin lama air bisa bertahan. Umumnya air minum isi ulang bisa bertahan selama 2 hingga 3 bulan, untuk yang terbunuh kumannya sampai 99,9%.

Saat ini Biru memiliki 45 depot air minum isi ulang, dan 12 di antaranya merupakan milik Biru sendiri dan sisanya mengajak para investor yang menjadi mitra.

Satu gerai Biru mampu menjual air minum isi ulang mulai dari 350 hingga 1.180 galon per hari. Jumlah penjualan tergantung lokasi gerai. "Modal yang ditanam untuk membuka depot air minum isi ulang Biru sebesar Rp400 juta-Rp600 juta akan bisa kembali selama 2 hingga 4 tahun berusaha," kata Yantje.

Wahyudi Madyo Utomo, pemilik depot isi ulang dengan merek Citra Qua, memiliki gerai yang mampu menjual lebih dari 120 galon per hari, dengan harga Rp 3.500 per galon.

Dia memperoleh air dengan membeli tanki dengan harga Rp320.000 yang bisa mengisi sekitar 350 galon. Untuk bisa memenangkan persaingi, di samping menyediakan layanan antar, Wahyudi juga mengerahkan dua karyawannya untuk mendatangi rumah pelanggan 2-3 hari sekali untuk menanyakan apakah galon mereka ingin diisi ulang lagi.

Ketika awal berusaha, Wahyudi membeli tiga tangki untuk menyaring air, dan sarana membunuh kuman cara ultraviolet ditambah dengan renovasi tokonya dengan investasi Rp50 juta.

Modalnya balik setelah beroperasi 3 tahun. Wahyudi sudah menjalankan usahanya itu sejak 2005 di perumahan di Jakarta Timur. Selama itu pula, dia merasai betapa menyegarkan bisnis air minum galon isi ulang.

Refrensi: Wartawan Bisnis Indonesia
 http://web.bisnis.com/edisi-cetak/edisi-harian/ritel-ukm-mikro/1id148244.html

Usaha bisnis Online Tanpa Modal?

Minggu, 06 Juni 2010





Usaha Bisnis Online tanpa modal? tanda tanya??, Kalau Anda masih percaya dengan Peluang Usaha Bisnis Internet Online Tanpa Modal maka saya pun demikian, tetapi kepercayaan kita tersebut perlu sedikit dikaji ulang, karena jika pemahaman ini hanya dalam arti sempit maka biasanya pemahaman terhadap tanpa tersebut pula yang akan mengganjal kita untuk sukses menjalankan usaha bisnis online ini. Prinsipnya usaha bisnis online haruslah dengan modal. Namun modal usaha bisnis online tersebut jelas tidak melulu modal Uang. Kita bisa menggunakan banyak modal lainnya.

Jika modal usaha bisnis online dalam bentuk uang yang kita punya sedikit maka dipastikan kita akan perlu modal lainnya yang besar, seperti modal tekun, modal rajin, modal semangat, modal pantang menyerah, modal sering beriklan, modal pandai promosi, modal banyak teman, modal jago merekrut, modal pandai menjual dan sebagainya.

So, Peluang Usaha Bisnis Online Tanpa Modal tidak ada. Yang ada adalah peluang usaha bisnis online dengan modal kecil yang dalam bentuk uang dan modal besar dalam bentuk yang lain seperti saya tulis diatas tadi. Salah satu modal bisnis internet adalah pandai bikin blog atau kata lain cari uang di blog.

Sederhananya waktu kita beowsing di internet so pasti dengan modal bukan,apakah itu beli modem, atau meluangkan ke warnet atau yang lainya. tetapi yang lebih tepat usaha bisnis online dengan modal kecil sudah bisa di jalankan.

Ada banyak macam usaha bisnis online, ada affiliat marketing yang ada di blog ini, ada juga program paid to click artinya kita ngeklik aja dapat duit Mau? silahkan menuju link berikut 

Sumber:
Gambar : http://belajarbisnis21.files.wordpress.com/2009/08/uang-dollar.jpg
 bisnisonlinemu

Cara Menghitung Tren Pertumbuhan Property

Jumat, 04 Juni 2010

Ada beberapa cara untuk menghitung tren pertumbuhan harga properti di suatu daerah / kawasan. Sebaiknya menghitung pertumbuhan itu sebaiknya minimal 3 tahun optimal sd 5 tahun untuk meminimalkan "kerancuan"

1. Versi Pemerintah
Pemerintah, dalam hal ini Dirjen Pajak yang merupakan salah satu instansi dibawah Departemen Keuangan Republik Indonesia, selalu memantau perkembangan harga properti dalam suatu kawasan tertentu dimana tugas itu dilaksanakan oleh KP3 ( Kantor Pelayanan Pajak Pratama ) untuk tingkat Kota atau Kabupaten di seluruh Indonesia.

KP3 selalu mengumpulkan data-data transaksi jual beli properti yang dikumpulkan dari :
1. notaris ( PPAT )
2. camat ( sebagai PPAT Sementara bila di suatu daerah belum ada notaris )
3. broker properti professional ( ERA, RayWhite, Century21 dll )
4. bank
5. pengamatan petugas pajak sendiri di lapangan untuk melakukan penyesuaian nilai apabila ada yang dianggap janggal.

Tren pertumbuhan yang dilakukan oleh Dinas Pajak ini dapat kita lihat di PBB tahun berjalan, dimana bisa kita lakukan perbandingan dari tahun sekarang terhadap tahun-tahun sebelumnya dan akan ketemu tren kenaikan nilainya.

Biasanya yang naik cuma NJOP bumi (tanah) saja dan nilai NJOP bangunan tetap ( padahal semestinya dari tahun ke tahun NJOP bangunan turun karena terkenai penyusutan karena depresiasi per tahun kan )

PLUS :
> datanya komplit di seluruh daerah di seluruh Indonesia
> nilainya akurat dan pasti, mudah memperkirakan harga sebenarnya
> NJOP biasanya dipakai untuk perhitungan pajak PPh dan BPHTB

MINUS :
> bias, tidak menunjukkan harga jual beli sebenarnya
> nilainya biasanya dibawah harga pasaran riil saat itu
> nilai bangunan tidak diperhitungkan depresiasinya

2. Versi Real Estate Developer
Real Estate Developer "raja kecil" dilingkungan kompleks yang dia miliki tersebut, sehingga berhak menentukan harga jual unit uni tpropertinya beserta kenaikan harganya.

untuk mengetahui tren kenaikan harga di suatu real estate khususnya di unit baru ( Primary Market ) bisa dilihat dengan cara membandingkan :
1. unit properti ( rumah, apartement, rusun, ruko, kios dll) dengaan tipe yang sama
2. di cluster yang sama
3. dengan tipe yang sama ( LT, LB, spesisfikasi, model )

dari situ akan ketemu tren kenaikan harganya, dimana biasanya real estate developer akan melakukan langkah langkah sebagai berikut :
1. perhitungan unit costing dulu per unit properti yang akan dijual
2. mengestimasikan berapa lama marketing bisa menjualnya
3. melakukan perhitungan Future Value dari Present Value unit costing-nya
4. memberikan progressive discount, semakin dini semakin besar diskonnya
5. secara bertahap menaikkan harga jual sesuai progres penjualan

PLUS :
> menunjukkan harga transaksi sebenarnya
> harga dinamis, cepat menyesuaikan harga pasar
> data riil didapat langsung di lapangan

MINUS :
> bisa menyebabkan "inflasi" di NJOP
> data sulit didapat bagi orang luar
> bias ( juga), biasanya sengaja dibuat tidak sama dengan harga transaksi sebenarnya yang berdasarkan NJOP

3. Versi Property Investor
property investor sejati cuma melihat dari satu sisi value aja
> "apakah properti yang akan dia beli tersebut dijual dibawah harga pasar dan bisa dijual lagi dengan harga premium untuk mendapatkan capital gain atau disewakan agar memperoleh positive cashflow in rutin"

PLUS :
> pasti untung

MINUS :
> tidak ada!
Anda tertarik ingin menjalankan bisnis property tanpa modal?. 
Lebih Lengkap sampai tekhnis Silahkan Kunjungi Beli Rumah

Refrensi ; beli-rumah

Peluang Usaha Membuat Tempe

Selasa, 01 Juni 2010

Pelunag Usaha Tempe saat ini sangat menjanjikan, bagaimana tidak secara kasat mata kita bisa lihat hampir di setiap rumah makan, ada aja yang namanya lauk Tempe, selain itu makanan tempe juga sangat di gemari dan  sangat sesuai dengan lidah orang indonesia.

Tempe terbuat dari kedelai yang di dalamnya banyak mengandung protein nabati, dapat di jadikan makanan pengganti daging, selain itu harganya juga bisa terjangkau semua kalangan. sehingga usaha tempe jika di kelola secara profesional, pastinya akan mendapatkan omset yang cukup besar.

saat ini tempe hanya di kemas sederhana dengan menggunakan daun, yang juga hanya bertahan beberapa hari, jika pengusaha tempe melakukan inovasi-inovasi dapat di yakini peluang usaha tempe sungguh besar, karena pasar tempe terbuka lebar.

Anemia & Osteoporosis
Tempe juga dipercaya dapat mencegah anemia dan osteoporosis, dua penyakit yang bayak diderita wanita, sebab kodrat wanita yang harus mengalami haid, hamil serta menyusui bayi. Penyakit anemia ini dapat menyerang wanita yang malas makan, karena takut gemuk, sehingga persediaan dan produksi sel-sel darah merah dalam tubuh menurun.

Nah, tempe dapat berperan sebagai pemasok mineral, vitamin B12 (yang terdapat pada pangan hewani), dan zat besi yang sangat dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah. Selain itu, tempe juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Senyawa protein, asam lemak PUFA, serat, niasin, dan kalsium di dalam tempe dapat mengurangi jumlah kolesterol jahat.

Cegah Penuaan & Kanker Payudara
Di dalam tempe juga ditemukan suatu zat antioksidan dalam bentuk isofalvon. Seperti halnya vitamin C, E dan karotenoid, isoflavon merupakan antioksidan yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menghentikan reaksi pembentukan radikan bebas. Dalam kedelai terdapat tiga jenis isoflavon, yaitu daidzein, glisitein, dan genistein. Pada tempe, di samping ketiga jenis isoflavon tersebut juga terdapat antioksidan faktor II (6,7,4 trihidroksi isoflavon) yang mempunyai sifat antioksidan paling kuat dibandingkan dengan isoflavon dalam kedelai.

Antioksidan ini disintesis pada saat terjadinya proses fermentasi kedelai menjadi tempe oleh bakteri Micrococcus leteus dan Coreyne bacterium. Penelitian yang dilakukan di Universitas North Carolina, Amerika Serikat, menemukan bahwa genestein dan phytoestrogen yang terdapat pada tempe ternyata dapat mencegah kanker prostat, payudara dan penuaan (aging).

Karenanya, cara terbaik untuk mengoptimalkan khasiat tempe bagi tubuh kita adalah dengan mengonsumsinya setiap hari dalam jumlah yang cukup berarti. Agar tak mengalami kebosanan, variasi penggunaan tempe dalam berbagai resep masakan perlu dilakukan.

Supaya khasiat zat-zat bermanfaat itu tak banyak terbuang dalam proses pemasakan, tempe sebaiknya dimasak dengan menu seperti sup, semur, atau bacem. Cara-cara itu lebih sedikit mengurangi khasiat tempe, ketimbang digoreng.

Ada 10 Khasiat Tempe:
 a. Protein yang terdapat dalam tempe sangat tinggi, mudah dicerna sehingga baik untuk mengatasi diare.
 b. Mengandung zat besi, flafoid yang bersifat antioksidan sehingga menurunkan tekanan darah.
 c. Mengandung superoksida desmutase yang dapat mengendalikan radikal bebas, baik bagi penderita jantung.
 d. Penanggulangan anemia. Anemi ditandai dengan rendahnya kadar hemoglobin karena kurang tersedianya zat besi (Fe), tembaga (Cu), Seng (Zn), protein, asam folat dan vitamin B12, di mana unsur-unsur tersebut terkandung dalam tempe.
 e. Anti infeksi. Hasil survey menunjukkan bahwa tempe mengandung senyawa anti bakteri yang diproduksi oleh karang tempe (R. Oligosporus) merupakan antibiotika yang bermanfaat meminimalkan kejadian infeksi.
 f. Daya hipokolesterol. Kandungan asam lemak jenuh ganda pada tempe bersifat dapat menurunkan kadar kolesterol.
 g. Memiliki sifat anti oksidan, menolak kanker.
 h. Mencegah masalah gizi ganda (akibat kekurangan dan kelebihan gizi) beserta berbagai penyakit yang menyertainya, baik infeksi maupun degeneratif.
 i. Mencegah timbulnya hipertensi.
 j. Kandungan kalsiumnya yang tinggi, tempe dapat mencegah osteoporosis.

Jika informasi tersebut kiga sebarkan ke masayrakat, dapat di pastikan pasar tembe benar-benar terbuka lebar, bagi pengusa jelas akan banyak mendulang keuntungan dari manfaat tempe tersebut.
Didalam pemaparan tentang peluang usaha tempe ini, saya juga akan memberikan file gratis yang dapat di downloads, bagaimana cara membuat tempe dari awal mengenal jenis kedelai yang akan di gunakan dan bagaimana memproduksinya menjadi Tempe.


Silahkan Downloads file dibawah ini :

Refrensi : dari berbagai sumber.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ANDA LAGI MENCARI PELUANG USAHA DAN IDE BISNIS? KUNJUNGI PAKET TERBAIK KAMI

PAKET YANG JAUH LEBIH LENGKAP DARI PRODUK ALAMAT GROSIR LIHAT DI SINI

 
 
 
<- CLOSE

" align="middle" height="65" width="110" style="border:none;" />