Minggu, 23 September 2012

Peluang Usaha budidaya Umbi Talas

Sejarah Talas
Talas merupakan tanaman pangan berupa herba menahun. Talas termasuk dalam suku talas-talasan (Araceae), berperawakan tegak, tingginya 1 cm atau lebih dan merupakan tanaman semusim atau sepanjang tahun. Talas mempunyai beberapa nama umum yaitu Taro, Old cocoyam, ‘Dash(e)en’ dan ‘Eddo (e)’. Di beberapa negara dikenal dengan nama lain, seperti: Abalong (Philipina), Taioba (Brazil), Arvi (India), Keladi (Malaya), Satoimo (Japan), Tayoba (Spanyol) dan Yu-tao (China).
Asal mula tanaman ini berasal dari daerah Asia Tenggara, menyebar ke China dalam abad pertama, ke Jepang, ke daerah Asia Tenggara lainnya dan ke beberapa pulau di Samudra Pasifik, terbawa oleh migrasi penduduk. Di Indonesia talas bisa di jumpai hampir di seluruh kepulauan dan tersebar dari tepi pantai sampai
pegunungan di atas 1000 m dpl., baik liar maupun di tanam.

Manfaat Tanaman Talas
Peluang usaha Tanama Umbi Talas, Di Indonesia, talas dikonsumsi sebagai makanan pokok dan makanan tambahan. Anda juga pasti tahu dan kenal akan nikmatnya makan cemilan keripik Talas, termasuk saya penggemar keripik umbi talas.
Talas mengandung karbohidrat yang tinggi, protein, lemak dan vitamin.
Talas mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi. Umbi, pelepah daunnya banyak dimanfaatkan sebagai bahan makanan, obat maupun pembungkus. Daun, sisa umbi dan kulit umbi dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak dan ikan secara langsung maupun setelah difermentasi. Tanaman ini mempunyai keterkaitan dengan pemanfaatan lingkungan dan penghijauan karena mampu tumbuh di lahan yang agak berair sampai lahan kering.

Dari manfat tersebut itu artinya sangat berpeluang ekonomis tinggi jika di budidayakan secara maksimal, karena pasanya jelas, terutama untuk memenuhi keperluan home industri sebagai mana yang saya sebut di atas. sebagai Keripik Talas.

Tertarik Membudidayakan tanaman talas..? Semoga artikel ini bermanfaat. raih keuntungan dari tanaman talas.
loading...

0 comments:

Terimakasi atas kunjunganya, Silahkan tinggalkan pesan..
Komentar Anda sangat berarti bagi kami