Jumat, 11 Mei 2012

Falsafah Bisnis Orang Cina Bag 1

"Pedagang yang jatuh akan merasakan sakit, tetapi rasa sakit itulah yang membuatnya bangkit kembali"

Kali ini saya ingin mencoba membahas bagaimana prinsip-prinsip perdagangan orang cina, yang menjadi latar belakang keberhasilanya dalam berbisnis. saya pelajari dari sebuah buku Best Seller di Malaysia. yang di tulis oleh Ann Wan Seng (muslim cina)

Kecendrungan dan keterlibatan orang cina dalam bidang perdagangan sulit di tandingi oleh bangsa-bangsa lain, dari ribuan tahun silam hingga sekarang. mereka memiliki keistimewaan dan keterampilan tersendiri sehingga menjadikan mereka golongan pedagang yang handal serta di segani oleh kawan dan lawan.
Sekilas orang cina seperti di lahirkan untuk jadi pedagang, mereka bukan saja terampil mengendalikan setiap urusan perdagangan, mulai dari tahap perundingan sampai proses penjualan. Bakat itu sebenarnya tidak di anugerahkan kepada mereka begitu saja, orang cina memperolehnya melalui waktu yang lama dan harus menghadapi segala kesulitan dalam perdagangan. 

Orang cina sering kai mewariskan pengalaman berdagang mereka kepada anak cucunya. Karena itulah mereka memperkenalkan perdagangan kepada anaknya sejak kecil. Orang cina percaya untuk menjadi pedagang yang matang dan memiliki kemampuan, seseorang harus mulai belajar dari bawah. 
Tidak ada masalah dari seseorang untuk memulai kegiatan berdagangnya, baik pada usia mudah ataupun tua. tidak ada batas waktu seseorang memulau perdaganganya. Karena itulah ada di antara orang cina yang rela bekerja hingga puluhan tahun sebelum menjalankan usahanya sendiri. 

Falsafah dagang yang di pegang orang cina inilah yang membedakan mereka dengan orang lain, selain pengalaman dan kemahiran yang di wariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya, kekuatan orang cina juga terletak pada jaringan kerja sama yang terwujud di antara mereka. 

Falsafah dagang orang cina, pedagang tidak boleh mengharapkan keuntungan pada saat baru mulai perdaganganya.  mereka harus siap menghadapi segala resiko seperti kerugian. karena itu mereka harus mempunyai modal yang kuat untuk menghadapi masa kritis. 
Bersambung..

Ingin Segera memulai usaha?
Baca juga yang ini Rahasia para temngkulak
loading...

0 comments:

Terimakasi atas kunjunganya, Silahkan tinggalkan pesan..
Komentar Anda sangat berarti bagi kami