Jumat, 28 Januari 2011

Usaha Kambing Etawa Untung Ratusan Juta

Ada jenis usaha yang cukup menjanjikan bahkan omset bisa mendapatkan ratusan juta rupiah, yakni usaha kambing etawa yang dilakukan warga Deli Serdang Sumatera Utara yang saya kutip dari tvone patut untuk dicoba bagi anda yang ingin menjadi wirausahawan.

Rusli, salah seorang warga Kabupaten Deli Serdang yang tengah menekuni usaha susu kambing, Warga Desa Marendal satu Gang Kedondong. Menurut sumber tvone tersebut.

Setiap hari Rusli mengurus 100 hewan ternak kambing miliknya. Usaha peternakan kambing milik Rusli berkembang pesat sejak awal tahun 2001 hingga saat ini.

Sewaktu memulai peternakan kambing, Rusli bermodalkan 40 ekor kambing. Namun, seiring pesatnya usaha yang dijalankan saat  ini Rusli memiliki 100 ekor kambing yang susunya siap diperah setiap hari.

Menurut Rusli bisnis susu kambing ini sangat menguntungkan dan tidak memerlukan perawatan yang sulit.

Untuk satu ekor kambing biasanya dapat menghasilkan tiga gelas susu setiap hari. Harga susu kambing etawa biasa dijual dengan harga Rp6 ribu per gelas, setiap bulan omset bisnis ini pun mencapai Rp9 juta.

Dari kutipan yang saya peroleh, untuk seekor kambing bisa menghasilkan susu selama empat hingga tujuh tahun. Jika tidak produktif tak menghasilkan susu lagi, kambing dapat dijual hingga Rp2 juta per ekor. Tidak saja susu dan kambing yang laku untuk dijual, kotoran kambing juga banyak dimintai masyarakat. Biasanya kotoran kambing dijadikan pupuk. Untuk harga satu goni kotoran kambing bisa dijual dengan harga Rp10 ribu.

Jika anda tertarik menjalankan bisnis ini, boleh saja di coba..
Moga bermanfaar...
loading...

3 comments:

Terimakasi atas kunjunganya, Silahkan tinggalkan pesan..
Komentar Anda sangat berarti bagi kami