Senin, 27 Desember 2010

TIPS SUKSES USAHA PENGETIKAN

Mengapa Harus Usaha Pengetikan
Beberapa alasan dapat menjadi jawaban untuk memulai usaha pengetikan. Seperti: tidak semua orang memiliki mesin ketik apalagi komputer. Bila pun memiliki, tidak semua orang memiliki cukup waktu mengerjakannya. Kebutuhan pengetikan dokumen terjadi hampir setiap hari. Ketrampilan dan besarnya modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha pengetikan relatif mudah dan terjangkau.

Bagaimana Cara Memulai Usaha Pengetikan
Memulai usaha pengetikan, siapkan kebutuhan perangkat keras yang dibutuhkan: 1 set komputer, 1 set printer, plang nama/neon box, kertas HVS, buku catatan transaksi. Bila modal untuk kebutuhan komputer juga belum tersedia, masih bisa disiasati dengan pergi ke tempat rental komputer untuk menyelesaikan order.

Perkiraan Anggaran Usaha Pengetikan
Perkiraan anggaran usaha penetikan, perangkat komputer built up 1 set Pentium II kondisi second, sekitar 1 juta; ditambah 1 set printer 250 ribu; kertas HVS dan alat administrasi 100 ribu. Plang nama 50 ribu. Perkiraan total anggaran dibutuhkan untuk memulai usaha ini sekitar 1,5 juta rupiah.

Ayo Segera Mulai Usaha Pengetikan

Segera mulai usaha penegetikan langkah promosinya antara lain: buat promosi kecil, bisa dengan menyebarkan brosur, pamflet, menempel poster promosi di tempat-tempat umum, membagi kartu nama, memasang neon box di depan lokasi usaha.

Tips Sukses Usaha Pengetikan
Karena pengetikan termasuk usaha jenis jasa, maka utamakanlah kepuasan pelanggan. Ini bisa membantu membangun citra/image positif bagi usaha yang sedang dirintis. dalam menjalani usaha pengetikan, Pahami dengan jelas "apa sebenarnya yang dikehendaki pelanggan", tentang outputnya. Konfirmasikan detil order yang diterima, untuk mengurangi resiko kesalahpahaman, sebelum memulai mengerjakan order ketikan. Usahakan penyelesaian order tepat waktu sesuai dengan kesepakatan. Bila "kebanjiran" order, kurangi resiko dengan menolak order melebihi kemampuan beban kerja; atau bila memungkinkan, cari SDM instan baru (kerabat, sanak family, teman, dsb) untuk membantu menyelesaikan order yang berlimpah. Buatlah kebijakan penetapan harga yang kompetitif, dapat bersaing dengan pelaku usaha lain dengan jenis serupa. Misal untuk saat sekarang, biaya jasa pengetikan dokumen standar (kertas ukuran A4, margin 4-4-3-3 cm, ukuran huruf 12 point, spasi 1.5) = Rp 1000 /lembar halaman jadi, dokumen tabel = Rp 1500 /lembar halaman jadi, dsb.

Selamat mencoba Usaha Pengetikan. Moga sukses.
loading...

0 comments:

Terimakasi atas kunjunganya, Silahkan tinggalkan pesan..
Komentar Anda sangat berarti bagi kami