Senin, 10 Mei 2010

Bisnis Sukses Usaha Makanan

Usaha bisnis makanan merupakan bisnis yang tidak akan pernah mati, bahkan bisnis makanan ini terus berkembang pesat seiring dengan permintaan konsumen yang terus bertambah. Terlebih lagi, peminat sajian makanan yang terus memburu tempat-tempat makan yang unik dan menarik membuat para pebisnis makanan bersaing ketat di dalam bisnis ini.
Bisnis usaha makanan akan tetap berjalan dengan lancar sebab produk yang di jual merupakan kebutuhan “perut” yang harus dipenuhi setiap saat oleh manusia. Usaha makanan ini bisa dijalankan dengan beberapa kelas yaitu dari pedagang kaki lima seperti menyajikan aneka snack dan jajanan ringan atau malah minuman dan segala macam es warung tenda, cafe, rumah makan, hingga restoran.


Menilik dari keuntungan yang dihasilkan, berbisnis sukses dengan sajian makanan ini cukup menjanjikan karena pada umumnya keuntungan yang dihasilkan dari bisnis usaha makanan ini besar. Sebut saja beberapa nama seperti, McDonald, KFC, JCO, Rumah Makan Ayam Goreng Ny.Suharti, Ayam Bakar Wong Solo,  dan aneka surga makanan lainnya. Mereka menuai untung yang cukup besar hanya dari food selling mereka sampai akhirnya membuka cabang di beberapa lokasi agar dapat memenuhi permintaan pasar.

Walau demikian, mengelola usaha bisnis makanan bukanlah hal yang mudah dan banyak tantangan yang harus kita lalui. Tak heran jika banyak pula pebisnis usaha makanan yang akhirnya gulung tikar karena tak mampu bersaing dengan rival-rival di dunia makanan. Bahkan ada yang tak sempat mencicipi nikmatnya menuai untung di ladang bisnis usaha makanan. Jika Anda sedang atau berminat membuka bisnis usaha makanan cermati beberapa tips sukses membuka binsnis usaha makanan berikut agar bisnis makanan Anda tetap berjaya dan semakin diminati.
BASIC NEEDS
  1. Parking Lot Area
  2. Placement
  3. Design Place
  4. Price
  5. Service
ADDITIONAL NEEDS
* Selalu sediakan toilet, wastafel, tisu, tusuk gigi, asbak, sabun cuci tangan di usaha makanan Anda
* Pastikan bahwa tisu yang ada di meja makan adalah tisu khusus makan, dan jangan pernah menggunakan tisu toilet atau tisu kecantikan
* Pilih sabun cair ketimbang sabun batangan yang membuat pengunjung malah tak nyaman
* Tambahkan nuansa musik yang disesuaikan dengan placement dan selera pangsa pasar Anda
* Selalu bersihkan meja makan setelah konsumen pergi, dan jangan biarkan meja makan berantakan terlalu lama. Namun, perlu dicermati juga, bersihkan meja makan setelah konsumen benar-benar selesai dengan menunya.

ADVERTISING NEEDS
* Promosi yang paling efektif dan tidak mengeluarkan banyak biaya adalah promosi dari “mulut ke mulut” hingga berbagai media, baik cetak (banner, koran, majalah, flyer, poster, pamflet), atau elektronik (internet, TV, radio, SMS)
* Pastikan di dalam iklan yang Anda sajikan, Anda memberikan informasi yang jelas dan tidak menipu agar konsumen tidak kecewa
* Buat promo menu makanan atau promo hari spesial agar menambah ketertarikan pengunjung datang ke resto Anda
* Keunikan suatu bisnis usaha makanan sangat diperlukan agar dapat menarik minat para customer.
Keramahan, kesabaran dan perhatian yang besar pada konsumen akan selalu menambah nilai bonus yang sangat besar bagi Anda. Berikan senyum dan jangan lupa ucapkan terima kasih.

Refrensi : bisnisukm
Ganbar : http://amiliaputri.files.wordpress.com/2009/07/makanan_1.jpg
loading...

4 comments:

Terimakasi atas kunjunganya, Silahkan tinggalkan pesan..
Komentar Anda sangat berarti bagi kami