Sabtu, 16 Januari 2010

PROPOSAL USAHA ATAU PROPOSAL BISNIS

Seringkali kita Punya ide bisnis atau ide usaha tetapi kita tidak memiliki cukup modal untuk memulainya, bagaimana solusinya? Buatlah proposal usaha atau proposal bisnis yang akan kita gunakan untuk mencari pemodal atau investor yang bisa mendanai bisnis atu usaha kita. proposal usaha atau proposal bisnis tentu harus membuat calon investor tertarik



Proposal usaha atau proposal bisnis digunakan untuk menarik investor. Proposal usaha atau proposal bisnis merupakan penuangan ide usaha atau ide bisnis berkenaan dengan rencana bisnisnya ke depan. Melalui Proposal usaha atau proposal bisnis calon wirausaha wan menyatakan tujuan, visi dan misi dari bisnis yang akan dijalankan. Harapannya tidak lain adalah, pemodal atau investor sepaham dengan tujuan, visi dan misi bisnis yang akan dijalankan, sehingga tergerak untuk mendanai bisnis.

Membuat proposal usaha atau proposal bisnis yang baik dan menarik bukanlah hal yang mudah. Mau tidak mau calon wirausaha wan harus mempelajari terlebih dahulu teknik penulisan proposal usaha atau proposal bisnis yang baik dan benar serta menarik. Berguru pada yang wirausaha wan lain yang telah sukses, atau rajin membaca literatur tentang menyusun proposal usaha atau proposal bisnis bisa dijalankan. Banyak buku bacaan saat ini membahas topik tersebut.

Menyusun proposal usaha atau proposal bisnis yang baik, semestinya calon wirausaha wan menyesuaikan isinya dengan pembaca yang dituju (dalam hal ini investor). Dengan kata lain, calon wirausaha wan menguasai dengan baik kemudian memaparkan di dalam proposal usaha atau proposal bisnis tersebut tujuan penulisan. Untuk mencapai keinginan, mengetahui karakteristik calon investor yang dituju akan sangat membantu tercapainya tujuan pembuatan proposal usaha atau proposal bisnis .

Isi proposal usaha atau proposal bisnis disesuaikan dengan tujuan pembuatannya. Namun setidaknya ada beberapa hal yang tidak boleh terlupakan dalam membuat proposal usaha atau proposal bisnis . Diantaranya judul proposal usaha atau proposal bisnis , ringkasan proposal usaha atau proposal bisnis usaha, analisis pasar, aspek produksi, rencana pemasaran, dan rencana keuangan. Selain itu pada bagian khusus, bisa dijadikan bab lampiran, dimuat juga struktur organisasi atau manajemen, surat ijin usaha jika ada, dan gambar-gambar foto pendukung.

Semakin baik dan benar serta menarik susunan proposal usaha atau proposal bisnis , akan semakin besar kesempatan calon wirausaha wan bisa menggaet investor. Dan jika telah mahir membuat proposal usaha atau proposal bisnis bisnis, jalan untuk merentas kerjasama bisnis dengan berbagai pihak pun akan semakin terbuka. Karena menjaring investor hanyalah satu dari beberapa tujuan dibuatnya proposal usaha atau proposal bisnis bisnis. Selain untuk kepentingan menarik investor, proposal usaha atau proposal bisnis juga bisa digunakan untuk menarik pihak lain bekerjasama untuk kepentingan bisnis sehingga hal tersebut sangat perlu untuk membuat proposal usaha atau proposal bisnis.

Dari sumber belajarusahakecil (edit)

loading...

0 comments:

Terimakasi atas kunjunganya, Silahkan tinggalkan pesan..
Komentar Anda sangat berarti bagi kami