Senin, 26 April 2010

Pendapatan Ratusan atau Jutaan Sebuah pilihan?

Kegiatan saya sehati -hari adalah sebagai konsultan usaha untuk orang miskin (dhuafa), dari pengamatan saya ada beberapa kesalahan yang sifatnya hampir sama, yang di lakukan oleh orang-orang yang berkategori miskin, kalau parameter dunia kemiskinan itu dapat di lihat dari pendapatan perkapita $2 per hari, sedangkan  jika memakai standar kemiskinan di indonesia menggunakan $1 perhari. 

Orang-orang yang mempunyai pendapatan $1 ataupun $2 perhari perkapita, menajeman yang di gunakan kurang lebih, terlepas bahwa penyebab kemiskinan mereka akibat mental pelaku ataupun lingkungan, menurut saya, jelas ada di pendidikan pengelolaan keuangan atau kelemahan pengelolaan manajeman usaha mereka.  yang sehatusnya di rubah.

sebelum saya memulai penangani mereka selain, saya harus mengetahui kultur lingkungan mereka, saya juga akan menanyakan langsung usaha yang di jalankan, sejauh mana manajeman yang mereka kerjakan selama ini. dari pengalaman yang ada di antaranya penjual kue atau keripik yang pemasaran mereka di titipkan ke warung-warung, secara matematis sebenarnya mereka sudah menghitung, anggap saja satu tempat dari keuntungan penitipan kue bersihnya Rp 5.000,-/hari, mereka menitipkan kuenya ke 5 tempat, itu artinya pendapatannya perhari Rp25.000,-. dari perhitungan tersebut sudah jelas akan pendapatannya, artinya mereka sebenarnya bisa mengukur pendapatan mereka sendiri, jika mereka ingin mendapatkan hasil besar maka mau tidak mau, harus memperbesar dan memperlebar pasar mereka. terkadang mereka nggan memperlebar pasarnya di karenakan karena alasan capek ngerjakannya dan lain-lain. ya jelas capek jika di kerjakan sendiri tapi jelas berbeda jika orang lain juga di libatkan dalam memproduksi dan memasarkan.

dari beberapa banyak sampel orang dhuafa yang saya tangani ya kurang lebih itulah permasalahannya, sehingga saya sering menyampaikan " ya nggak akan mungkin ibu pendapatan bisa sampai jutaan jika manajeman usaha ibu masih ratusan, jika ingin pendapatan jutaan perbulan mau nggak mau, suka ngggak suka manajeman usahanya harus gaya jutaan bu, jika kebalikan ya tetap tidak akan bisa keluar dari kondisi ibu sekarang". ujarku di pertemuan kelompok usaha ibu-ibu yang saya tangani.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Dibawah Terdapat Layanan Downloads Ebook Gratis 
Kumpulan Proposal Usaha
 

Semoga Bermanfaat
loading...

0 comments:

Terimakasi atas kunjunganya, Silahkan tinggalkan pesan..
Komentar Anda sangat berarti bagi kami